8 Makanan Penguat Kandungan yang Bisa Dikonsumsi saat Trimester Pertama, dari Buah, Sayur, hingga Daging
Ilustrasi ibu hamil (Freepik/senivpetro)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan penguat kandungan agar pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik. Makanan tersebut dikonsumsi saat  usia kehamilan berada di trimester pertama.

Jenis makanan yang disarankan untuk ibu hamil di trimester pertama juga beragam, mulai dari buah, sayur, hingga daging. Ibu hamil juga harus tahu apa saja yang boleh dan tidak dikonsumsi saat hamil.

Makanan Penguat Kandungan

Kehamilan di trimester awal penting untuk diperhatikan terutama bagi ibu yang baru pertama kali mengalami kehamilan. Di periode ini ibu hamil biasanya akan mengalami mual, hilangnya nafsu makan, lemas dan gampang lelah. Hal ini terjadi karena perubahan hormon saat kehamilan.

Agar janin dan ibu tetap sehat, makanan penguat kandungan bisa jadi jalan keluar. Tidak hanya menguatkan kehamilan, makanan ini akan membantu memenuhi nutrisi dan kebutuhan kalori di trimester pertama. Beberapa makanan penguat kehamilan adalah sebagai berikut.

  1. Susu Kehamilan

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi susu kehamilan yang mengandung protein dan kalsium lebih untuk janin dan ibu hamil sendiri. Susu kehamilan mengandung dua jenis protein yakni kasein dan whey. Susu juga mengandung kalsium, fosfor, vitamin B, magnesium, dan zinc.

  1. Brokoli

Sayuran hijau ini membantu menguatkan kehamilan. Brokoli mengandung vitamin A, C, K, B6, kalsium, folat, serat, dan antioksidan. Sayuran ini juga membantu melancarkan pasokan hemoglobin dan membantu memperkuat tulang, mencegah penyakit dan cacat lahir.

  1. Bayam

Ibu hamil disarankan banyak makan sayuran hijau termasuk bayam. Sayur ini tinggi vitamin dan nutrisi. Beberapa kandungan bayam yang bermanfaat untuk kehamilan adalah vitamin K, A, mangan, asam folat, magnesium, serta zat besi. Bayam membantu mencegah keguguran dan membantu menguatkan tulang belakang dan kognitif janin. Sayur hijau ini juga membantu mencegah anemia di masa kehamilan.

  1. Kurma

Buah manis ini mengandung folat, zat besi, vitamin K, dan serat yang berguna selama kehamilan. Kurma membantu memperkecil risiko cacat lahir dan membantu menghindari anemia saat kehamilan di trimester pertama. Kurma juga membantu meningkatkan fungsi otot dan saraf ibu hamil.

  1. Alpukat

Buah alpukat sangat cocok untuk ibu hamil. Selain bisa diolah menjadi beragam menu, alpukat mengandung folat, potasium, vitamin C, dan B. Selain itu buah ini mengandung kalium dan magnesiumnya yang membantu meringankan rasa mual di kehamilan trimester pertama. Alpukat juga mendukung perkembangan otak dan saraf janin.

  1. Mangga

Mangga sangat disarankan untuk ibu hamil karena buah ini mengandung vitamin C, sehingga membantu mendukung perkembangan tulang dan gigi bayi. Selain itu membantu memperbaiki metabolisme ibu hamil.

  1. Salmon

Salmon dan ikan laut lainnya sangat baik untuk ibu hamil. Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk perkembangan otak dan mata calon bayi. Vitamin D pada salmon berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan membentuk kekebalan tubuh janin. Namun saat mengonsumsi salmon pastikan benar-benar matang.

  1. Daging non-Lemak

Ibu hamil akan mendapat asupan protein, kolin, dan zat besi dari daging non-lemak. Mengonsumsi daging akan sangat baik terutama di awal hamilkarena membantu memberikan kekuatan. Selain itu kolin pada daging akan membantu janin berkembang dengan baik.

Itulah beberapa makanan penguat kandungan. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.