Efek Makan Pedas Saat Hamil Muda yang Patut Diwaspadai
Ilustrasi kehamilan (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ternyata masih banyak masyarakat yang percaya bahwa makanan pedas yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa berpengaruh pada janin. Efek makan pedas saat hamil muda sebenarnya sama sekali tidak berkaitan dengan janin.

Makanan pedas tidak memicu keguguran atau bayi jadi lahir prematur, sehingga kepercayaan tersebut hanya mitos. Namun, makanan pedas akan sangat berimbas pada kesehatan tubuh ibu hamil.

Efek Makan Pedas Saat Hamil Muda

Dikutip dari situs Halodoc, sebuah penelitian tahun 2019 menunjukkan bahwa cairan ketuban ibu hamil ternyata mengalami perubahan ketika ibu hamil makan makanan tertentu. Tetapi belum ada penelitian yang lebih spesifik terkait hubungan makanan pedas dengan kehamilan secara langsung.

Janin akan tetap aman meski ibu hamil makan makanan pedas, namun ibu hamil tetap berisiko mengalami gangguan kesehatan tertentu. Artinya ibu hamil harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi selama masa kehamilan.

Dampak makanan pedas pada tubuh ibu hamil bergantung dengan usia kehamilan dan kondisi tubuh masing-masing. Efek makan pedas saat hamil muda di trimester pertama mungkin makanan pedas tak membuat kesehatan ibu menurun dan perkembangan bayi tidak terdampak. Akan tetapi, makanan pedas bisa memperparah morning sickness.

Morning sickness adalah kondisi di mana ibu hamil akan merasa mual hingga berujung pada muntah. Kondisi ini akan dialami di usia 6 minggu atau bulan kedua saat kehamilan. Saat fase ini, ibu hamil jadi sangat sensitif karena peningkatan hormon estrogen. Ada kemungkinan ibu hamil akan mual atau muntah saat mencium aroma makanan pedas.

Efek makanan pedas pada kesehatan kemungkan terasa di trimester kedua dan ketiga. Dampak yang bisa dirasakan ibu hamil di masa ini saat makan makanan pedas seperti heartburn. Gangguan muncul karena di masa ini rahim ibu hamil akan tumbuh dan berimbas pada naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Selain itu efek makan makanan pedas saat masa kehamilan juga berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan berikut ini.

  1. Terganggunya pencernaan;
  2. Menambah efek mual;
  3. Diare;
  4. Perut kembung;
  5. Lebih sering buang gas;
  6. Gejala gastroesophageal reflux (GERD) makin terlihat.

Meski belum ada penelitian yang valid terkait dampak makanan pedas terhadap janin, masyarakat patut tahu bahwa mengonsumsi hidangan cabai mentah adalah hal yang tidak boleh dilakukan ibu hamil. Pasalnya, ada sajian kuliner yang berupa sambal yang terbuat dari cabai mentah.

Dikhawatirkan masih ada pupuk kimia atau zat kimia lain yang berkaitan dengan proses pertanian pada cabai mentah. Zat tersebut tentu membawa dampak tertentu tidak hanya pada kesehatan tubuh ibu hamil namun berisiko pada janin.

Selain itu cabai mentah berpotensi menjadi perantara virus, bakteri, atau penyakit lain yang akan mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin.

Sebelum memasak, bahan makanan yang dimasak untuk ibu hamil harus dicuci dan diolah dengan cara yang benar dan tepat untuk menghindari risiko buruk pada kesehatan.

Selain terkait efek makan pedas saat hamil muda. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya kunjungi VOI.ID.