Madu Hitam untuk Asam Lambung dan Tips Cara Pengobatannya
Ilustrasi madu hitam (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak masyarakat percaya salah satu khasiat madu hitam yakni membantu mengatasi asam lambung. Menariknya, madu ini juga diklaim lebih aman dan tidak memicu meningkatnya kadar gula tubuh. Madu hitam untuk asam lambung bisa dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan minuman lain.

Madu Hitam untuk Asam Lambung

Perlu diketahui bahwa madu hitam adalah madu yang dihasilkan oleh lebar berjenis Apis Mellifera. Lebah tersebut mengonsumsi nektar bunga pohon Mahoni atau dari pohon pelawan hingga menghasilkan rasa pahit. Karena rasanya yang pahit madu hitam diklaim memiliki kadar gula yang rendah dibanding madu biasanya.

Dikutip dari situs bnp.jambiprov.go.id, salah satu manfaat madu hitam adalah mampu meredakan tukak lambung. Hal itu bisa terjadi karena adanya adanya hydrogen peroxide, zat yang jadi alasan mengapa madu mampu menjadi antibakteri.

Zat yang terkandung dalam madu hitam membantu menghambat proses radang lambung serta membantu menyembuhkan tukak lambung. Selain itu kandungan nutrisi pada madu juga membantu mennjaga imun tubuh.

Dikutip dari healthline, dalam tinjauan klinis yang diterbitkan oleh Jurnal Medis Inggris, para peneliti menilai sifat madu yang kental jadi salah satu dugaan mengapa madu mampu menurunkan asam di lambung. Gejala dari maag bisa sangat mereda setelah penderita minum satu sendok teh madu biasa.

Namun harus diketahui bahwa madu bisa mempengaruhi kadar gula darah. Oleh karena itu penderita diabetes, gula darah rendah, atau kondisi medis lain yang berkaitan dengan gula darah lebih baik hati-hati mengonsumsi madu. Selain itu pertimbangkan waktu terbaik minum madu.

Selain itu kondisi yang perlu diwaspadai agar tak sembarangan minum madu seperti saat menjalani pengobatan medis, hamil atau menyusui, hingga bayi usia di bawah 12 bulan.

Tips Obati Asam Lambung dengan Madu Hitam

Bagi penderita asam lambung, minum madu memang bisa jadi salah satu pendukung proses penyembuhan. Namun madu tidak serta merta mengobati gangguang lambung secara tuntas. Agar lebih maksimal, simak cara obati asam lambung mengguanakan madu berikut ini.

  1. Minum madu satu sendok makan setiap hari atau bisa pula dengan mencampurkannya ke air hangat
  2. Hindari makanan pedas atau makanan yang mengandung gas lebih dulu
  3. Makan teratur dengan porsi sedikit namun sering
  4. Stop makan berlemak, asam, sayuran serat tinggi, susu, soda, kafein, hingga cokelat sementara waktu
  5. Jangan langsung berbaring setelah makan, sebaiknya dijeda selama 1 sampai 2 jam setelah makan
  6. Atur pikiran agar tidak terlalu stres karena itu salah satu pemicu asam lambung
  7. Mulai olahraga secara teratur
  8. Tidur dan istirahat secara teratur.

Itulah informasi terkait madu hitam untuk asam lambung. Kunjungu VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.