Waktu Terbaik Minum Madu untuk Mendapatkan Khasiat Maksimal
Madu (freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Madu menjadi salah satu minuman yang terkenal memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Minuman ini dianjurkan untuk dikonsumsi oleh siapa saja dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun kapan waktu terbaik minum madu agar khasiatnya benar-benar didapatkan?

Madu merupakan minuman alami yang dihasilkan dari lebah madu. Minuman sedikit kental ini memiliki beragam rasa, mulai dari manis, pahit, asam, hingga gabungan dari ketiga rasa tersebut. Biasanya madu diminum untuk meningkatkan daya tahan tubuh hingga untuk mengobati masalah kesehatan. 

Supaya khasiat madu bisa didapatkan secara maksimal, sebaiknya perhatikan cara dan waktu yang tepat dalam mengonsumsi madu. Lantas kapan waktu terbaik minum madu menurut pakar kesehatan?

Waktu Terbaik Minum Madu

Meski sebenarnya madu boleh diminum kapan saja, namun waktu tertentu konsumsi madu untuk mendapatkan khasiatnya secara maksimal. Waktu terbaik minum madu adalah saat pagi hari dan sebelum tidur. 

Waktu Pagi Hari

Jika ingin mengonsumsi madu pada pagi hari, sebaiknya dilakukan saat sebelum sarapan. Ketika Anda minum madu dalam kondisi perut masih kosong, maka akan membantu pencernaan dan memberikan energi pada tubuh. 

Ketika perut kosong, pencernaan bisa bekerja dengan maksimal dalam menyerap nutrisi madu. Selain itu, asupan madu juga berperan baik bagi metabolisme tubuh baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. 

Sebelum Tidur

Apabila Anda ingin minum madu waktu malam hari sebaiknya dilakukan menjelang tidur. Minum madu sebelum tidur dapat membantu Anda bisa terlelap dengan nyenyak. Selain itu, madu juga bermanfaat menjaga sistem pencernaan dan membuat tubuh jadi rileks. Begitu pun saat Anda bangun di pagi harinya, badan akan terasa lebih segar. 

Cara Minum Madu yang Benar

Selain pilihan waktu dalam mengonsumsi madu, cara minumnya juga berpengaruh dalam mendapatkan khasiat secara maksimal. Bagaimana cara tepat mengonsumsi madu?

Takaran yang minum madu yang ideal di pagi hari yakni sekitar tiga sampai lima sendok makan. Dengan mengonsumsi madu sebanyak itu, maka Anda bisa memperoleh stamina yang cukup hingga siang hari. Takaran tersebut juga berlaku untuk minum madu di malam hari sebelum tidur. Anda akan merasakan badan yang rileks sehingga bisa terlelap dengan mudah. 

Minum Madu dengan Campuran Air

Madu sebenarnya bisa diminum secara langsung tanpa dicampur air. Apabila Anda ingin mengonsumsi madu dengan campuran air, maka sebaiknya pakai air bersuhu normal atau hangat saja. 

Hindari mencampur madu dengan air panas mendidih karena khasiatnya akan berkurang. Sebab jika madu dicampur dengan air bersuhu 90 derajat ke atas maka kandungan enzim pada madu bisa rusak. 

Minum Madu Dicampur Jeruk Nipis dan Garam

Jika ingin bereksplorasi dalam mengonsumsi madu, Anda bisa mencampur madu dengan jeruk nipis atau garam. Resep tersebut dapat bermanfaat membersihkan liver dan melancarkan pencernaan. Selain itu, kandungan nutrisi dalam jeruk nipis juga dapat meningkatkan imun tubuh sehingga lebih terhindar dari serangan penyakit. 

Anda juga bisa mencampurkan madu dengan jeruk nipis dan garam. Campuran ketiga bahan tersebut akan memberikan lebih banyak khasiat bagi tubuh. Sejumlah manfaatkan yang didapatkan, di antaranya memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan imun, hingga menjaga kesehatan liver. 

Demikianlah ulasan mengenai waktu terbaik minum madu yang cara tepat mengonsumsinya. Meski madu dapat dikonsumsi secara langsung, sebaiknya terapkan beberapa langkah di atas supaya bisa mendapatkan khasiat madu secara maksimal. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.