UMKM Penjual Madu Sukses di TikTok Shop
Foto: Istimewa

Bagikan:

JAKARTA - TikTok kini bukan hanya menjadi platform berbagi video lucu saja. Melalui TikTok Shop, kini platform media sosial ini menjadi salah satu solusi bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memasarkan produk kepada konsumen secara lebih luas.

Salah satu pelaku UMKM yang sukses di TikTok Shop adalah Ahmad yang memiliki akun bernama @madumurnisb. Dalam unggahan video saat melakukan live stream, Ahmad penuh semangat untuk menawarkan berbagai jenis madu lokal meskipun wajahnya dikerumuni lebah.

"Etase nomor 15, madu multi flora. Untuk yang sakit maag. Silakan dilihat," ujar Ahmad saat melakukan live stream di akun TikTok Shop-nya, dikutip Selasa 26 September.

Dengan jumlah followers sebanyak 33.000 pengikut, Ahmad sudah mempunyai pangsa pasarnya sendiri dan jenis madu yang ditawarkan Ahmad, semuanya produk lokal tanpa menggunakan campuran.

"Ini dari lebah lokal, tanpa campuran, tanpa olahan. Ini produk 100 persen UMKM lokal dengan nomor BPOM resmi, dari Malang Kabupaten, dekat Gunung Kawi," lanjutnya.

Selain menceritakan bahwa produk madu olahannya merupakan produk lokal, Ahmad juga menambahkan bahwa, produk madu yang ditawarkan mempunyai khasiat untuk menyembuhkan sejumlah penyakit seperti radang tenggorokan, sariawan, asam lambung, asam urat, pencernaan, dll.

"Radang tenggorokan, sariawan minum madu randu etalase 11. Asam lambung, masalah pencernaan, kurang nafsu makan, silakan dicoba madu kami etalase 15. Asam urat, darah tinggi, kolesterol madu bawang tunggal silakan ditanyakan," tambahnya.

Lebih lanjut Ahmad menjelaskan, apabila ada calon pembeli yang tertarik dengan madunya, bisa datang langsung ke tempatnya atau bisa bertanya di akun TikTok Shopnya.

"Saya sendiri yang membudidayakan. Alamat saya lengkap, silakan datang. Kalau ada pertanyaan silakan ditanyakan," tutup Ahmad.