Kandungan Nutrisi pada Madu untuk Imun Tubuh hingga Kesehatan Jantung
Kandungan nutrisi pada madu (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Madu dapat digunakan untuk campuran minuman maupun dikonsumsi secara langsung. Cairan yang dihasilkan oleh lebab ini biasanya digunakan sebagai pemanis dan penambah energi. Lantas apa saja kandungan nutrisi pada madu yang berperan penting bagi kesehatan?

Madu dihasilkan oleh lebah yang menyerap cairan manis dari nektar bunga. Lebah madu mengumpulkan cairan manis ini dan menyimpan di dalam sarang untuk diolah menjadi persediaan makanan utama. Banyak masyarakat yang memanfaatkan madu sebagai bahan alami untuk dikonsumsi baik dalam bentuk minuman atau sebagai bahan campuran makanan. 

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi pada madu bermanfaat baik bagi kesehatan. Dengan mengonsumsi madu secara rutin, ada banyak efek baik yang didapatkan mulai dari untuk kesehatan pencernaan, kulit, imun tubuh, hingga jantung.

Kandungan Nutrisi pada Madu

Madu terkenal kayak akan nutrisi dan antioksidan, serta bersifat anti bakteri. Oleh karena itu, madu sangat populer digunakan dalam dunia kesehatan. Dulunya madu juga diolah sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. 

Kandungan pada madu asli terdiri dari karbohidrat, mineral, vitamin, enzim, dan masih banyak lainnya. Berikut ini beberapa kandungan nutrisi pada madu yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh:

Gula

Kandungan nutrisi utama pada madu, yakni sekitar 80 persen adalah gula. Jenis nutrisi gula yang paling banyak tersimpan dalam madu yaitu monosakarida berupa glukosa dan fruktosa. 

Karbohidrat

Madu juga mengandung karbohidrat olohosakarida, seperti sukrosa, ketosa, palatinose, maltosa, furanosa, dan trehalosa. 

Protein

Di dalam madu juga terkandung protein sebanyak 0,5 persen. Protein yang terdapat pda madu utamanya dalam bentuk asam amino dan enzim. Enzim utama yang tersimpan dalam madu adalah diastase, glukosa oksidase, dan invertase. 

Mineral

Madu juga mengandung mineral penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kandungan mineral tersebut di antaranya kalsium, mangan, zinc, selenium, dan vitamin C, thiamin, riboflavin, dan niasin. 

Neurotransmiter

Madu juga mengandung neurotransmiter sebanyak 0,3-25 mg kolin dan 0,06-5 mg/kg asetilkolin. Selain itu terdapat juga kandungan polifenol terutama flavonoid (asam galat, kaempferol, asam vanilat, kuersetin, rutin, asam sinamat, dan lainnya).

Berdasarkan penelitian 8 sampel dari beragam jenis madu, ditemukan bahwa dalam 100 gram madu terkandung: 288 Kkal, karbohidrat 76,4 gr, glukosa 34,6 gr, fruktosa 41,8 gr, protein 0,4 gr, dan air. 

Manfaat Mengonsumsi Madu

Berikut ini sejumlah manfaat madu bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda tahu:

Meningkatkan Imun Tubuh

Salah satu manfaat penting madu bagi kesehatan adalah sebagai antivirus dan immune booster. Madu dapat meningkatkan produksi limfosit T dan B serta antibodi. Jadi dengan mengonsumsi madu secara rutin, maka bisa meningkatkan imunitas tubuh. 

Menetralisir Radikal Bebas dan Regenerasi

Madu juga bermanfaat untuk membuat tubuh aktif melawan bakteri dan virus. Kandungan antioksidan dalam madu berfungsi untuk menetralisir radikal bebas yang membahayakan tubuh. 

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan antioksidan pada madu juga berfungsi untuk melawan radikal bebas. Madu yang memiliki antioksidan tinggi berperan mencegah kerusakan pada sel-sel di sekitar lapisan pencernaan. 

Menurunkan Risiko Kanker dan Penyakit Jantung

Antioksidan yang terdapat dalam madu bisa dibilang cukup lengkap, terdiri dari flavonoid, monofenol, Vitamin C, dan polifenol. Semua antioksidan tersebut dapat memberikan perlindungan pada kesehatan jantung. Selain itu, senyawa aktif bersifat anti kanker juga berperan menurunkan risiko berbagai kanker. 

Demikianlah ulasan mengenai kandungan nutrisi pada madu yang bermanfaat baik bagi kesehatan. Terdapat lebih dari 300 jenis madu di seluruh dunia, yang memiliki kandungan nutrisi dengan kadar yang berbeda-beda. Beberapa jenis madu yang paling terkenal adalah madu akasia dan manuka. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.