Kunto Aji Sebut 2022 Sebagai Tahun yang Berat, Ini Alasannya
Kunto Aji (VOI/Ivan Two Putra)

Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi solo pria asal Yogyakarta, Kunto Aji menyebut tahun 2022 sebagai tahun yang berat baginya. Tidak hanýa kesulitan sebagai musisi, sebagai seorang pribadi, Kunto juga harus mengalami kejadian tidak mengenakkan tahun ini.

Pada tahun 2022 ini, Kunto harus kehilangan dua orang terdekatnya yang meninggal dunia. “Tahun ini berat banget buat saya pribadi, karena kehilangan ayah sama kakak saya. Dalam jarak yang bereekatan tuh saya rasain kedukaannya tahun ini,” kata Kunto Aji ketika ditemui awak media di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 15 Desember.

Namun, di tahun ini pula pria jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol itu mendapatkan momongan. “Walaupun alhamdulillah saya dikasih momongan baru, tapi harus diawali kejadian seperti itu, ya jadi mix feeling. Tapi luar biasa sih tahun ini memang, luar biasa,” sambungnya.

Untuk karier musiknya, Kunto juga melewati jalan terjal. Karena kondisi yang tak menentu, tur konsernya yang direncanakan tahun ini harus tertunda. “Ada beberapa rencana yang tahun ini harusnya saya tur tapi ternyata harus tertunda tahun depan. Insya Allah, bismillah kita bisa mempersiapkan tur, tapi ya itu kita enggak tahu,” ungkapnya.

Kunto merasa keadaan saat ini masih belum stabil untuk musik Indonesia. “Sebenarnya serba salah ya, teman teman sendiri juga kan tau sekarang kondisinya naik turun ya, entah itu kasus covid atau perizinan untuk keramaian dan segala macam. Kita musisi pasti support pemerintah supaya bisa menanggulangi penyebaran virus covid dan kaya kemarin tragedi Kanjuruhan. Kita enggak mau antusias yang besar itu malah bikin bencana,” tuturnya.

Ia pun pernah merasa karier musiknya harus terhambat dan jalan di tempat. “Kaya tadi dibilang, tahun ini bukan cuma masalah tur aja. Ada mau bikin gig juga di-cancel, tur juga batal. Itu mengganggu juga proses saya menulis lagu, jadi tersendat juga, karena kan jadi pikiran.Tapi kalau sekarang sih udah ready. Insya Allah siap,” ucap Kunto Aji.