Resolusi 2023 Kunto Aji: Lanjutkan Tur yang Tertunda, Rilis Album Baru dan Vinyl
Kunto Aji (VOI/Ivan Two Putra)

Bagikan:

JAKARTA - Kunto Aji mengungkap beberapa rencana proyek musiknya di tahun 2023 mendatang. Setelah menemui banyak rintangan karena kondisi tak menentu di tahun 2022 yang masih berkutat dengan pandemi, penyanyi asal Jogja itu berharap rencananya yang tertunda dapat terlaksana gahun depan.

Penyanyi kelahiran 4 Januari 1987 itu berharap rencana tur yang tertunda tahun ini dapat segera terlaksana. “Ada beberapa rencana yang tahun ini harusnya saya tur tapi ternyata harus tertunda tahun depan. Insya Allah, bismillah kita bisa mempersiapkan tur. Ya doain aja. Album juga sih tahun depan,” kata Kunto Aji saat ditemui awak media di kawasan Gambir, Kamis, 15 Desember.

Kunto sendiri menyadari kondisi yang tak menentu saat ini membuat banyak musisi termasuk dirinya lebih berhati-hati ketika memutuskan untuk menggelar konser. “Sebenarnya serba salah ya, teman-teman sendiri juga kan tau sekarang kondisinya naik turun ya, entah itu kasus covid atau perizinan untuk keramaian dan segala macam. Kita musisi pasti support pemerintah supaya bisa menanggulangi penyebaran virus covid dan kaya kemarin tragedi Kanjuruhan. Kita enggak mau antusias yang besar itu malah bikin bencana,” tuturnya.

Untuk rencana tur, Kunto belum bisa memberi informasi lebih detail karena pengalamannya tahun ini, namun ia memastikan setidaknya ada 5 daerah yang dikunjungi. Kunto mengatakan bahwa keputusan pemerintah terkait konser musik dan kepentingan bisnis harus seimbang. Ia tidak ingin konser yang dibuat menjadi tidak maksimal dan berujung pada kekecewaan penonton yang hadir.

Sementara untuk rencana peluncuran album , Kunto Aji sedang mempersiapkan 9 lagu yang akan masuk di album ke-3. Lewat album barunya nanti, Kunto ingin sesuatu yang lebih ringan dibandingkan album ke-2 Mantra Mantra yang dirilis tahun 2018. “Masih dalam proses menulis (lagu). Selama pandemi karena di rumah terus jadi ada beberapa yang udah ditulis, ucapnya.

“Saya pengin lebih santai materinya, karena album Mantra Mntra materinya cukup berat, jadi pengin yang santai aja lah,” sambungnya.

Selain tur dan konser, Kunto juga berencana untuk kembali membuat vinyl (piringan hitam), setelah sebelumnya sempat sukses. “Saya baru rilis vinyl dan enggak butuh waktu lama udah sold out. Ternyata penikmat musik itu masih mau beli bentukan fisik, padahal vinyl kan harganya juga enggak murah,” ujar Kunto.

Namun sayangnya rencana pembuatan vinyl nampaknya harus menunggu lama, karena sudah ada penyanyi lain lebih dulu memesan rumah produksi vinyl. “Pengen produksi (Vinyl) lagi, tapi ternyata harus ngantri sampai satu tahun karena produksi yg bagus itu udah di book sama Adele semua,” pungkasnya.