Bagikan:

JAKARTA - Kunto Aji akan memulai tur bertajuk Perjalanan Menawar Racun untuk membawa materi dari album “Pengantar Purifikasi Pikir”. Tur akan dimulai pertengahan Agustus dengan berkunjung ke Malang, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Jakarta dan Kuala Lumpur.

Kunto Aji membawa tur kali ini dengan konsep berbeda dari banyak penampilan sebelumnya. Penyanyi-penulis lagu 37 tahun itu membocorkan bahwa konsep yang dihadirkan layaknya sebuah cerita untuk tumbuh bersama.

“Sebenarnya prototipenya muncul ketika saya main di Krapela (Jakarta Selatan). Kayaknya enak kalau ngeband aja, nggak banyak aksi teatrikal, tidak banyak gimik seperti era Mantra Mantra. Ya sudah, main band saja, sing-along dan macam-macam, lebih sederhana lah intinya,” ungkap Kunto Aji dalam keterangannya, Senin, 5 Agustus.

Konsep pertunjukan yang hangat dan intens akan dibawa berkeliling ke enam kota terpilih sesuai dengan urutan geografis yang membentang dari timur ke barat.

“Ini masih putaran pertama. Pertimbangannya memang harus dilakukan di Pulau Jawa dulu. Tapi, saya mau pengalaman ini sebenarnya keliling Indonesia. Belum kesampaian sekarang, tapi harus dimulai kan?” tutur Kunto.

“Tadinya juga ingin sekali tur ke kota-kota seperti Banyuwangi atau Cirebon. Namun kita juga sama-sama tahu bahwa perekonomian sedang turun. Jadi, secara logistik agak susah, makanya diawali di kota-kota ini. Nyempil satu di belakang ada Kuala Lumpur, karena memang demand ada dan sekalian saja ditambahkan di penghujung,” sambungnya.

Tur ini akan didominasi repertoar dari Pengantar Purifikasi Pikir, namun materi favorit pendengar dari album Generation Y dan Mantra Mantra juga tetap dibawa. Rencananya, setiap malam akan memainkan sekitar dua puluh lagu.

Tidak hanya pertunjukan musik, tur ini juga menyebarluaskan ide penting yang dikandung dalam album tersebut, yaitu konsep untuk tumbuh sebagai manusia.

“Saya ingin sekali pendengar melihat album ini dimainkan live, karena masih belum banyak yang bisa menyaksikannya dimainkan dengan utuh. Penting untuk bisa memperkenalkannya secara live, supaya bisa sing-along bersama-sama,” katanya.

Di masing-masing kota, Kunto Aji mengajak berbagai komunitas lokal untuk mengadakan kegiatan bersama, dimana ‘menu’ berbeda akan hadir di setiap kota.

“Kelokalan itu bagian dari jati diri dari pencarian makna, makanya pencarian terdekat adalah bagaimana kita bisa bermanfaat di lingkungan yang dekat. Mungkin kita menemukan akar kita di situ. Akhirnya jadi melokalkan diri,” ucap Kunto.

“Kalau ketemu, saya pengen ngobrol. Kita bisa bicara apa saja. Saya ingin merasakan banyak pikiran, kenapa kalian bisa mendengarkan musik saya, ingin terkoneksi dengan kalian. Jangan lupa untuk datang ke kegiatan di luar konsernya. Karena kegiatan itu justru yang bikin saya tertarik menjalankan tur ini,” pungkasnya.

Adapun, tiket Tur Perjalanan Menawar Racun Kunto Aji bisa didapatkan di aplikasi Goers dengan harga mulai dari Rp175.000.

Berikut jadwal lengkap Tur Perjalanan Menawar Racun:

14 Agustus - Malang

16 Agustus - Yogyakarta

18 Agustus - Semarang

20 Agustus - Bandung

22 Agustus - Jakarta

29 Agustus - Kuala Lumpur