Biskuit dengan 5 Bahan Ini, Baik untuk Ibu Hamil
Ilustrasi bahan biskuit yang baik untuk ibu hamil (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Nutrisi semasa kehamilan perlu diperhatikan secara cermat. Untuk mendukung kesehatan ibu yang sedang hamil, selain memenuhi nutrisi dari makanan pokok, kandungan apa saja yang diperlukan dari makanan tambahan seperti biskuit? Berikut daftar bahan biskuit yang baik untuk ibu hamil.

1. Granola

Granola mengandung tinggi serat, namun rendah kalori. Artinya aman untuk snacking tanpa khawatir memengaruhi angka timbangan naik secara drastis. Granola biasanya dipadukan dengan oat, buah kering, dan kacang-kacangan. Lebih aman lagi jika menggunakan pemanis yang alami, seperti dari buah atau madu.  

2. Oat

Biskuit dan kukis bebas gula tambahan tampaknya lebih direkomendasikan. Ini untuk mengantisipasi gula darah meninggi tak terkontrol. Banyak sekali produk camilan yang berbahan oat. Untuk camilan ibu hamil, pilihlah kombinasi yang menggunakan bahan protein nabati dan pilihan rasa yang tak terlalu kuat supaya tak memicu rasa mual.

3. Kedelai

Kedelai kaya akan protein nabati yang dibutuhkan ibu hamil. Selain terdapat berbagai rasa biskuit yang bisa dipilih, kedelai juga mengandung isoflavon yang berfungsi sebagai antioksidan.

4. Jagung

Snack dengan menggunakan bahan jagung yang mengandung serat, bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, jagung mengandung nutrisi baik untuk ibu hamil.

5. Lemon dan jahe

Dilansir FirstCry Parenting, biskuit dengan aroma lemon dan jahe bisa membantu ibu hamil mengurangi gejala morning sickness dan kepala pusing. Meskipun bahan ini bukan bahan utama, tetapi bisa Anda pilih untuk pilihan rasa atau aroma sehingga membantu mengurangi rasa tidak nyaman.

Itulah kelima bahan biskuit yang baik untuk ibu hamil. Disamping mencermati bahan tersebut, konsultasikan porsi aman dalam mengonsumsi biskuit pada dokter kandungan dan ahli nutrisi.