Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi ibu rumah tangga, setrika yang kotor hingga lengket adalah hal yang sering dijumpai sehari-hari. Kondisi tersebut pada setrika biasanya hanya diabaikan. Padahal ada cara membersihkan setrika yang lengket yakni dengan bahan-bahan yang bisa ditemui di dapur.

Membersihkan setrika lengket bisa dilakukan secara mandiri dengan bahan sederhana. Simak daftar bahan yang bisa dipakai membersihkan setrika.

Cara Membersihkan Setrika

Cara bersihkan setrika disesuaikan dengan bahan yang digunakana. Berikut ini beberapa bahan yang bisa dipakai serta cara menggunakannya untuk membersihkan bagian setrika.

  1. Usapkan Pasta Gigi ke Setrika

Cara paling mudah dan simpel yang bisa diterapkan untuk bersihkan setrika adalah dengan menggunakan pasta gigi. Pertama, oleskan pasta gigi di bagian besi setrika yang lengket atau berkerak. Setelah itu ratakan dengan kain bersih lalu nyalakan setrika selama 5 menit.

Tunggu setrika sampai hangat dalam posisi tegak. Setelah itu cabut kabel setrika lalu gosokkan setrika ke kain bersih. Kotoran akan terangkat bersamaan dengan pasta gigi.

  1. Sikat Menggunakan Soda Kue

Soda kue punya banyak manfaat salah satunya bisa membersihkan kerak di besi setrika. Caranya sangat mudah, ambil soda kue secukupnya lalu oleskan ke bagian besi setrika yang ingin dibersihkan. Setelah rata sikat menggunakan sikat gigi. Pelan-pelan kerak akan terangkat. Jika sudah bersihkan lagi bekas sisa kue dan kerak yang ada di setrika.

  1. Gosok Setrika ke Garam

Bahan dapur lain yang bisa dipakai untuk membersihkan kerak setrika adalah garam dapur. Caranya mudah, taburkan garam di atas alas koran. Setelah itu nyalakan setrika dalam kondisi tegak. Jika sudah panas, gosokkan secara perlahan ke atas koran yang telah ditaburi garam. Anda bisa melakukan hal ini dengan suhu tertinggi di setrika. Lakukan selama beberapa kali hingga kerak benar-benar hilang.

  1. Gosok Setrika dengan Cuka Putih

Cuka putting tinggi akan zat asam sehingga mampu membersihkan kerak di setrika. Caranya sangat mudah yakni dengan memanaskan cuka putih. Setelah itu gosokkan cuka ke bagian setrika yang berkerak memakai kain bersih. Jika sudah rata dan bersih, lap bagian setrika yang tadi dibersihkan menggunakan lap basah.

  1. Beri Lilin di Bagian Besi Setrika

Cara membersihkan lilin dengan setrika juga sangat mudah. Caranya adalah dengan menyalakan setrika lalu atur di suhu tertinggi. Setelah dirasa panas, cabut kabel sesegera mungkin. Saat bagian besi masih panas, segera gosokkan lilin di bagian yang diinginkan.

Diamkan lilin menempel di bagian besi setrika hingga memadat kembali. Jika sudah dingin, hilangkan lilin perlahan dengan besi atau alat penyeroh. Lilin akan membantu mengangkat kerak yang menempel di setrika.

Itulah beberapa cara membersihkan setrika yang lengket. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.