Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa setiap kain memiliki rekomendasi suhu setrika masing-masing termasuk katun. Rekomendasi tersebut perlu diperhatikan untuk mencegah kerusakan kain atau pakaian secara umum sehingga lebih awet. Menentukan suhu setrika untuk kain katun yang tepat akan mencegah pakaian terbakar atau meninggalkan noda bakar.

Suhu Setrika Untuk Kain Katun

Secara umum suhu setrika biasanya disesuaikan dengan tebal tipis kain. Untuk kain halus yang tipis diperlukan suhu yang lebih rendah dibandingkan menyetrika kain tebal seperti linen.

Sedangkan suhu setrika pakaian katun, dilansir dari aperfectpantry, yang direkomendasikan adalah 204 derajat Celcius. Anda dapat mengatur suhu ini secara langsung dengan memutar pengaturan suhu yang ada di setiap setrika.

Berikut ini rekomendasi suhu setrika berdasarkan kainnya agar hasilnya maksimal dan tidak merusak pakaian.

  • Kain akrilik, lycra/spandex, dan nilon: 135 °c
  • Kain asetat: 143 °c
  • Kain poliester, sutra, dan wol: 148 °c
  • Kain viscose/rayon: 190 °c
  • Kain triasetat: 200 °c
  • Kain katun: 204 °c
  • Kain linen: 230 °c

Tips Setrika Pakaian Katun

Ada beberapa tips menyetrika kain katun yang dapat Anda ikuti. Tips berikut ini tidak hanya mencegah kerusakan pada pakaian namun juga memaksimalkan hasil setrika.

  1. Bersihkan Tapak Setrika

Sebelum menyalakan setrika, pastikan dulu tidak ada kotoran atau noda yang menempel di tapak setrika. Kotoran dan noda akan berpotensi menimbulkan bekas di pakaian saat digosokkan. Cara membersihkan setrika yang lengket cukup mudah, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan dapur.

  1. Atur Suhu Setrika di Pengaturan Katun

Sebelum menggosok, pastikan setrika diatur ke suhu kain katun. Di beberapa setrika sudah ada pengaturan setrika berdasarkan bahan kain. Jika tidak, Anda bisa mengatur suhu setrika katun di angka 204 derajat celcius.

  1. Gunakan Pelicin dan Pelembut Kain

Sangat disarankan untuk menyemprotkan sedikit pelicin dan pelembut pakaian sebelum disetrika. Cairan tersebut akan membantu proses setrika lebih mudah. Selain itu pakaian yang sedikit lembab membuat hasil setrika lebih halus. Anda bisa membeli cairan di di toko atau supermarket.

  1. Tentukan Garis Pakaian Lebih Dulu

Saat menggelar pakaian di meja setrika, pastikan dulu garis pakaian yang akan disetrika. Pasalnya pakaian berbahan katun biasanya sedikit molor. Agar garis pakaian lebih rapi, Anda bisa mempertegas garis pakaian khususnya bagian kerah dan ketiak.

  1. Mulai dari Kerah

Bagian awal yang perlu disetrika lebih dulu adalah kerah. Pasalnya di area ini banyak lipatan yang harus dirapikan dulu. Selain itu kerah adalah bagian dari pakaian yang sangat terlihat sehingga kerapiannya bisa sangat mencolok.

  1. Gantung di Hanger

Setelah semua bagian tergosok setrika, pastikan pakaian digantung menggunakan hanger. Hindari meletakkan pakaian yang sudah disetrika secara sembarangan karena akan membuatnya kusut lagi.

 Itulah informasi terkait suhu setrika untuk kain katun. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.