Bagikan:

JAKARTA - Membersihkan dapur merupakan aktivitas penting untuk menghadirkan dapur yang higienis dan juga rapi. Anda dapat membersihkan dapur di rumah dalam sepuluh menit sehari atau dalam satu jam kerja yang padat di akhir pekan. Namun, bagaimanapun Anda memutuskan untuk membersihkannya, jangan lakukan beberapa kesalahan di bawah ini saat membersihkan dapur.  Dilansir dari Southern Living, Kamis, 10 November, berikut ini delapan hal yang tidak boleh dilakukan saat membersihkan dapur.

Mencuci spons dapur

Spons atau kain kotor hanya akan menyebarkan bakteri. Daripada dicuci ulang, sebaiknya buang spons jika tampilannya sudah kotor dan dipakai berkali-kali. Sebagai gantinya, ganti spons secara teratur atau ganti dengan kain lap yang bisa dicuci setiap hari.

Menggunakan pembersih berbahan keras di meja granit

Sebelum membersihkan permukaan meja dengan cairan pembersih, coba perhatikan dulu bahan dasar yang ada pada cairan pembersih. Pembersih berbahan dasar asam sitrat, cuka, pemutih, atau produk abrasif lainnya dapat merusak meja granit. Sebagai gantinya, gunakan air hangat untuk membersihkan permukaan dengan granit.

Tidak membersihkan bagian dalam dishwasher

Bagian dalam dishwasher juga perlu dibersihkan. Tak perlu sering, sebulan sekali pun sudah cukup. Anda perlu membersihkan kotoran yang menyumbat filter, penyemprot, dan saluran air dishwasher agar kerja dishwasher kembali optimal.

Lupa membersihkan teko kopi

Banyak orang rajin membersihkan gelas kopi andalan tapi lupa membersihkan teko pembuat kopi. Endapan air dari sisa pembuatan kopi dan residu lainnya akan menumpuk seiring berjalannya waktu. Dan hal ini bisa menghambat proses pembuatan dan penyeduhan kopi Anda. Untuk itu, sebulan sekali sisakan waktu mencuci teko kopi, ya. 

Jangan bersihkan lantai dapur terlebih dahulu

Mulailah dengan piring, bersihkan lemari dan peralatan, bersihkan konter, lalu baru membersihkan lantai dapur. Selain sapu, cobalah alat lain seperti penyedot debu atau pel basah untuk membersihkan lantai dapur secara menyeluruh dalam waktu yang lebih singkat.

Tidak membersihkan wastafel dapur

Wastafel Anda mungkin terlihat lancip, tetapi tampilannya bisa menipu. Di antara piring kotor, bakteri dari bahan mentah, dan cuci tangan, wastafel dapur dan juga kerannya adalah tempat paling banyak kuman di rumah Anda dan perlu digosok, didesinfeksi, dan disanitasi.

Tidak membersihkan segala kenop dan pegangan

Pastikan juga untuk mencuci semua yang disentuh tangan di dapur. Kenop-kenop di atas kompor, gagang pintu kulkas, dan keran wastafel semuanya membutuhkan scrub dan desinfektan yang baik.

Tidak menggunakan vacuum cleaner

Adanya vacuum cleaner sangat membantu kerja bunda membersihkan dapur. Vacuum berfungsi mengeluarkan remah-remah dari bawah kompor atau membersihkan bagian belakang lemari es maupun tempat-tempat yang sulit dijangkau.