Ketahui 7 Teknik Perawatan Kompor Listrik yang Benar dan Aman
Ilustrasi kompor listrik (Congerdesign/Pixabay).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong masyarakat untuk beralih dari kompor liquefied petroleum gas (LPG) ke kompor induksi listrik. Di tengah rencana pengalihan atau konversi gas elpiji 3 Kg ke kompor listrik, penting untuk mengetahui teknik perawatan kompor listrik yang benar.

Perawatan kompor induksi tak bisa disamakan dengan perawatan kompor gas. Pasalnya, material kompor listrik umumnya terbuat dari kaca atau keramik, sehingga membuatnya lebih rawan tergores. Oleh sebab itu, perawatan kompor listrik harus dilakukan dengan hati-hati.

Kebiasan-kebiasaan yang kerap dilakukan dengan kompor gas sebaiknya juga tidak Anda terapkan ketika menggunakan kompor induksi karena bisa bisa merusak komponen kompor. Misalnya, menaruh peralatan masak yang terlalu berat atau kasar, meletakkan spatula di atas kompor, hingga menaruh wadah kaca di atasnya.

Teknik Perawatan Kompor Listrik yang Benar

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut teknik perawatan kompor listrik yang benar supaya tetap awet.

  1. Segera Bersihkan Kompor Listrik Setelah Dipakai

Usahakan untuk selalu membersihkan kompor listrik setiap habis pemakaian. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah munculnya noda yang berpotensi menjadi kerak membandel dan sulit dibersihkan.

  1. Cabut Sakelar Sebelum Membersihkan Kompor Listrik

Apabila Anda hendak membersihkan kompor listrik, pastikan untuk mencabut sakelar terlebih dahulu agar tidak terjadi korsleting ketika kompor dibersihkan dengan cairan khusus.

Dengan mencabut sakelar, proses membersihkan kompor induksi listrik di dapur akan lebih aman bagi Anda dan juga keluarga.

  1. Gunakan Produk Pembersih Khusus

Ketika membersihkan kompor listrik, sebisa mungkin gunakan produk pembersih khusus yang bisa diaplikasikan untuk menghilangkan noda pada kaca ataupun keramik.

Ilustrasi kompor listrik
Ilustrasi kompor listrik (Pixabay).

Cara membersihkanya, cukup semprotkan cairan pembersih khusus ke permukaan kompor, kemudian seka dengan lap bersih hingga kering.

  1. Gunakan Kain Lembut ketika Membersihkan Kompor Listrik

Seperti yang sudah disinggung di aatas, material kompor listrik umumnya terbuat dari kaca dan keramik. Dengan demikian, kompor listrik berpotensi tergores ketika dibersihkan dengan kain yang tidak lembut.

Oleh sebab itu, gunakan kain yang lembut ketika membersihkan kompor listrik. Penggunaan kain yang lembut bisa mencegah timbulnya koresan yang tidak di harapkan.

Contoh kain lembut yang bisa digunakan untuk membersihkan kompor listruk yakni handuk yang halus ataupun kain microfiber.

  1. Jangan Gunakan Peralatan Memasak yang Berbahan Kasar

Beberapa jenis alat masak tidak cocok digunakan untuk kompor listrik. Salah satunya adalah panci atau penggorengan dari besi tempa berat, karena memiliki permukaan kasar sehingga berpotensi membuat goresan pada permukaan kompor.

Tak hanya itu, alat memasak yang terbuat dari keramik atau tanah liat yang tidak dipoles halus juga berisiko menggores permukaan kompor.

  1. Jangan Letakkan Spatula di Permukaan Kompor Listrik

Saat memasak, Jangan sekali-kali meletakkan spatula ataupun sendok sayur, terutama yang masih basah di atas kompor listik. Pasalnya, tetesan kuah atau minyak panas bisa meninggalkan noda di permukaan kompor. Noda ini biasanya cepat mongering dan susah untuk dibersihkan.

  1. Jangan Letakkan Wadah Kaca di Atas Kompor Listrik

Ketika Anda selesai memasak dalam wadah kaca di oven, sebaiknya jangan menaruhnya di atas permukaan kompor listrik untuk mendinginkannya. Hal tersebut bisa membuat permukaan kompor listrik yang terbuat dari kaca akan mudah retak dan pecah.

Demikianlah teknik perawatan kompor listrik yang benar dan aman agar tetap awet digunakan.