6 Tips Membersihkan Rumah yang Mudah dan Efisien
Ilustrasi (Volha Vlaxeco/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Membersihkan rumah jadi aktivitas yang belum tentu disukai semua orang. Namun, semua orang suka dengan kondisi rumah yang bersih. Lalu, apakah ada cara terbaik membersihkan rumah dengan cepat? 

Kebanyakan orang tak yakin harus membersihkan debu yang menempel pada perabotan ataukah menyapu terlebih dahulu. Ada juga yang bingung harus membersihkan dapur sebelum kamar mandi atau sebaliknya.

Menyadur Nationwide, Jumat, 25 Maret, berikut  tips membersihkan rumah secara cepat dan efisien.

Tentukan apa yang perlu dilakukan terlebih dahulu

Membersihkan jauh lebih efisien jika Anda memilih satu tugas seperti menyedot debu, menyapu, atau mengepel dan melakukan tugas yang sama di setiap ruangan di rumah. 

Misal, jika Anda pilih menyapu atau menyedot debu, lakukan aktivitas tersebut dalam satu waktu di ruangan-ruangan yang cocok untuk disapu atau divacum seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang makan. Karena membersihkan kamar mandi hanya perlu disikat lantainya, lakukan aktivitas ini terakhir.

Kumpulkan semua alat pembersih dalam satu tempat

Baik itu caddy, ember, atau tas jinjing, simpan semua alat pembersih rumah dalam satu tempat untuk mempermudah Anda menyelesaikan pekerjaan. Anda tidak perlu membuang waktu mencari alat saat ingin berbenah.

Perhatikan tempat paling berdebu

Sebelum Anda mulai membersihkan debu pastikan untuk mematikan kipas. Perhatikan debu di bagian atas furnitur dan bagian bawah rak, di bingkai foto, pernak pernik, dan layar TV. Untuk area yang sulit dijangkau seperti tirai dan rak atas, ikat kain mikrofiber ke ujung kain pel atau sapu. Ganti seprai di kamar tidur sebelum Anda menyedot debu.

Lap cermin dan kaca

Gunakan satu kain mikrofiber basah dan satu kain kering untuk membersihkan semua cermin dan permukaan berbahan kaca.

Semprot cairan desinfektan ke permukaan benda

Bersihkan permukaan yang keras,mulai dari meja, ragam peralatan, lemari, kenop pintu, sakelar lampu, remote TV, dan telepon. Lakukan desinfektan ke beberapa permukaan tersebut, terutama yang mungkin menyebarkan kuman. Buat larutan desinfektan tidak beracun dengan mencampurkan seperempat hingga setengah cangkir cuka apel atau cuka putih dengan secangkir air.

Sapu lalu pel

Sapu seluruh lantai ruangan kemudian pel. Mulailah mengepel dari sudut terjauh ruangan dan bergerak mundur menuju pintu. Bilas pel setiap kali Anda menyelesaikan area berukuran 4 kali 4 kaki.