5 Tips Sederhana Menciptakan Suasana Rumah Lebih Aman dan Nyaman
Ilustrasi suasana rumah yang aman dan nyaman (Pexels/Tima Miroshnichenko)

Bagikan:

JAKARTA - Dimana ruang paling nyaman selama Anda dan keluarga di rumah? Meski setiap ruangan dalam rumah mempunyai fungsi yang berbeda-beda, tetapi apabila menimbulkan rasa aman maka bisa dipastikan bikin nyaman.

Agar betah dan nyaman selama di rumah, Anda bisa menciptakan suasana rumah yang aman, seperti berikut di bawah ini.

1. Membuat dekorasi ruangan lebih hidup

Setiap ruangan punya perabotannya masing-masing. Selain perabotan yang berukuran besar, terdapat pernak-pernik kecil yang mungkin tidak mempunyai fungsi penting.

Pernak-pernik bisa disulap ruangan jadi lebih ‘hidup’. Misalnya, di dapur tergantung pot bunga rosemary. Lalu untuk dekorasi ruangan lainnya seperti ruang tamu dan kamar tidur bisa dikreasikan dengan hiasan yang berbeda-beda.

Dekorasi ruangan yang berbeda-beda ini bisa menciptakan suasana yang berganti-ganti sehingga enggak mudah bosan.

2. Mengganti posisi perabotan

Sudah bertahun-tahun perabotan ada di posisi yang sama? Agar menjadi lebih nyaman dan tenang, cobalah untuk mengubah posisi seluruh perabotan. Banyak hal yang bisa diolah dan di-touch up sehingga menimbulkan suasana baru.

Geser posisi perabotan yang ukurannya besar. Beri kesempatan banyak cahaya dan udara masuk ruangan karena dua hal tersebut bisa memberi efek positif pada ruangan.

BACA JUGA:


3. Atur komposisi warna

Paling nyaman untuk warna dominan di kamar tidur adalah hijau muda. Seorang terapis warna dari Afrika Selatan, Claire Bond mengemukakan bahwa warna punya kekuatan yang memengaruhi otak dan tubuh manusia.

Maka jika sering sulit tidur dan insomnia cobalah mengubah warna dominan di kamar tidur. Beri aksen kuning dengan lampu tidur dan pilih warna sprei yang cocok dengan warna cat tembok.

Untuk menciptakan ruangan tidur menjadi lebih nyaman dan tenang hanya butuh aksi sederhana kok. Jika tak memungkinkan untuk mengecat ulang, tempelkan kain warna-warni tau bermotif jadi dekorasi yang unik.

4. Hindari menyimpan barang yang mengingatkan peristiwa buruk

Setiap orang mempunyai ingatan, pun memori peristiwa terburuk yang pernah dialami di masa lalu. Agar suasana rumah menjadi lebih nyaman dan aman, hindari menyimpan barang yang mengingatkan peristiwa buruk. Gantikan dengan hiasan lucu atau benda lain yang membuat hati senang.

5. Letakkan tanaman hidup di dalam ruangan

Tanaman bisa memberikan efek menenangkan. Maka, cobalah riset tanaman apa yang bisa hidup di dalam ruangan dan tidak susah perawatannya.

Untuk menciptakan rumah yang sehat, pastikan sirkulasi cahaya dan udara baik. Sesekali putar musik yang disenangi untuk relieving penat.