Bagikan:

YOGYAKARTA - Bosan dengan tampilan rumah yang itu-itu saja? Mungkin saatnya Anda mencoba kombinasi warna cat plafon dan dinding yang baru.

Perlu diketahui, perpaduan warna yang tepat dapat mengubah suasana ruangan dan properti Anda secara drastis, dari yang terasa sempit menjadi luas, atau dari yang membosankan menjadi penuh semangat.

Penasaran? Yuk, simak inspirasi kombinasi warna cat yang akan membuat rumah Anda semakin indah dan nyaman dalam artikel berikut.

Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding

Menyesuaikan warna plafon dan dinding memang bisa menjadi proyek yang menantang. Namun Precision Painting Plus dengan beberapa tim ahlinya memberikan beberapa pilihan, sebagai berikut:

  • Pilih Gaya Monokromatik

Gaya monokromatik adalah cara yang bagus untuk menjaga kesederhanaan. Anda dapat menggunakan nuansa warna yang sama untuk memberikan ruang interior Anda tampilan yang konsisten dan harmonis.

Memilih dua warna netral yang sedikit berbeda dapat menciptakan kontras halus yang tidak terlalu mencolok dan cocok dengan berbagai furniture, dekorasi, dan warna aksen.

Anda dapat mencoba "Classic Gray" dari Benjamin Moore di dinding dan "Paper White" dari Benjamin Moore di langit-langit.

Classic Gray memiliki nada yang lebih hangat yang membuat dinding Anda terlihat menarik. Sementara itu, Paper White akan membuat langit-langit Anda terlihat lebih tinggi dan cerah.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Tren Warna Cat Rumah 2024 dan Tips Memilihnya Sesuai Feng Shui

Gaya monokromatik adalah cara yang bagus untuk menjaga kesederhanaan (freepik)
  • Gunakan Warna Pelengkap

Warna pelengkap yang saling berlawanan pada roda warna, dapat menghasilkan beberapa kombinasi yang mencolok. Strategi ini tidak cocok untuk mereka yang lebih menyukai tampilan sederhana yang tidak terlalu menonjol.

Anda dapat mencoba warna "Hale Navy" dari Benjamin Moore di dinding dengan "Simply White" di langit-langit. Hale Navy adalah warna yang dalam dan dapat membuat Anda merasa seperti tersesat di lautan, sementara Simply White adalah warna putih yang abadi dan sederhana.

Secara bersama-sama, kombinasi ini akan menciptakan kontras yang berani yang dapat membuat langit-langit Anda terlihat lebih tinggi, sambil memainkan tema pantai. Anda juga dapat mencoba beberapa warna aksen termasuk emas, kuningan, dan nada kayu hangat.

  • Pilih Warna Analogus

Warna analogus berada bersebelahan pada roda warna, yang dapat memberikan tampilan yang mulus dan konsisten. Warna ini dapat memberikan kesan bahwa warna dinding menyatu dengan warna langit-langit.

Analogus dapat menciptakan kombinasi yang kohesif di mana warna-warna saling memperkuat. Selain itu, kombinasi ini akan memberikan ruangan berwarna hangat dengan tampilan yang nyaman dan ruangan berwarna dingin dengan suasana yang menenangkan.

Untuk mendapatkan tampilan analogus, Anda dapat mencoba "Wythe Blue" dari Benjamin Moore di dinding dan "Palladian Blue" di langit-langit.

Keduanya warna pilihan ini adalah kombinasi biru-hijau, dengan Palladian memberikan sentuhan abu-abu dan Whyte condong ke arah aqua atau hijau laut yang teredam. Kombinasi ini akan menciptakan kontras yang saling melengkapi, dapat membuat langit-langit Anda terlihat lebih tinggi dan memberikan ruangan Anda nuansa pantai yang tenang.

  • Warna Kontras

Warna kontras tidak harus saling berlawanan dalam roda warna, namun hanya harus terlihat cukup berbeda sehingga kombinasinya langsung menonjol.

Jika Anda ingin ruangan Anda terlihat menonjol tanpa menggunakan warna pelengkap, "Caliente" dari Benjamin Moore di dinding dengan "White Dove" di langit-langit adalah salah satu kombinasinya.

Kombinasi ini mungkin tampak terlalu berani pada awalnya, tetapi dapat menjadi alternatif yang bagus jika Anda menyukai suasana yang nyaman dan langit-langit yang terlihat tinggi.

Tidak hanya itu, kombinasi warna ini juga memungkinkan Anda memanfaatkan furnitur yang berwarna lebih terang atau netral untuk menyeimbangkan dengan merah intens Caliente, (sementara aksen putih dapat menyatukan ruangan).

  • Pertimbangkan Fungsi Ruangan

Sebelum memutuskan kombinasi warna, pertimbangkan juga fungsi ruangan. Jika Anda mungkin menginginkan suasana kamar tidur yang menenangkan, maka pilih warna yang menenangkan seperti biru yang teredam dan warna netral.

Sementara itu, ruang makan terlihat lebih baik dengan nada yang kaya dan dalam yang terlihat intim dan mengundang. Misalnya, di kamar tidur Anda, Anda dapat mencoba "Quiet Moments" dari Benjamin Moore untuk dinding, yang dipasangkan dengan "Moonshine" di langit-langit.

Quiet Moments adalah kombinasi biru, hijau, dan abu-abu yang tenang, sementara Moonshine adalah abu-abu pucat dan lembut. Mereka menciptakan suasana yang menenangkan yang mendorong istirahat malam yang baik.

Selain kombinasi warna cat plafon dan dinding, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!