Tren Warna Cat Rumah 2024 dan Tips Memilihnya Sesuai Feng Shui
Ilustrasi cat tembok. (Pexel/Malte Luk)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tren warna cat rumah 2024 jadi topik yang menarik untuk dibicarakan. Pasalnya tren warna selalu berubah setiap tahunnya, termasuk warna cat tembok dalam rumah. Pemilihan warna juga didasarkan tidak hanya pada selera maupun rekomendasi saja namun pada Feng Shui tahun 2024.

Memilih warna rumah yang tepat akan berdampak pada kenyamanan bahkan keberuntungan bagi penghuni rumahnya. Wajar jika pemilik rumah benar-benar serius dalam menentukan cat tembok khususnya interior.

Tren Warna Cat Rumah 2024

Tren warna cat rumah tahun 2024 cenderung pada warna-warna yang dapat dipadukan dengan kondisi lingkungan sekitar rumah, misalnya disesuaikan dengan pencahayaan, suasana, hingga warna furniture yang digunakan di dalam rumah.

Bagi Anda yang berencana melakukan pengecatan ulang rumah atau pengecatan pada rumah baru, simak beberapa warna tren di tahun 2024.

  1. Putih Hangat

Tidak bisa disangkal bahwa warna putih banyak digemari oleh masyarakat. Warna ini menimbulkan kesan bersih dan lebih terang. Di tahun 2024, warna putih diperkirakan kembali jadi favorit khususnya untuk pengecatan dalam ruangan. Bukan warna putih solid, melainkan putih hangat yang merupakan pengembangan dari warna putih. Warna putih ini banyak macamnya seperti vanilla atau off-white.

  1. Biru

Warna biru bisa jadi salah satu warna populer yang banyak dipakai tahun ini. Bukan biru tua, Anda bisa memilih warna biru pastel atau biru muda sebagai opsi untuk ruangan. Warna biru sendiri cocok untuk Anda yang tidak ingin menggunakan warna hijau. Biru pastel juga akan membuat kesan luas dan elegan.

  1. Pink

Mungkin Anda kurang familiar dengan warna pink, namun tren 2024 kemungkinan akan bergerak ke arah pink atau merah jambu. Hal ini bisa terjadi karena di tahun ini masyarakat semakin berani mengeksplore warna untuk hunian mereka. Pemilihan warna pink juga dianggap menyimbolkan perasaan yang ekspresionis.

Sedangkan di bagian eksterior, Anda bisa memilih warna cat rumah bagian luar yang elegan sehingga tak salah pilih.

Tips Memilih Warna Cat Rumah Berdasarkan Feng Shui

Menurut sudut pandang Feng Shui, ada beberapa kombinasi warna yang mampu mendatangkan keberuntungan bagi pemilik maupun penghuni rumah. Anda bisa mencoba menggunakan kombinasi baik menurut Feng Shui sekaligus menyesuaikannya dengan tren 2024. Selain itu kombinasi ini akan memberi ide memadukan warna untuk rumah minimalis yang menarik.

  1. Hijau-Biru

Warna hijau dan biru menurut Feng Shui diasosiasikan dengan elemen air dan elemen kayu. Sayangnya warna ini tak banyak dipakai oleh masyarakat karena terkesan kurang hidup. Tak perlu khawatir, Anda bisa memilih varian hijau-biru. Warna ini dianggap sebagai keseimbangan.

  1. Merah-Emas

Sangat jarang sekali menerapkan warna merah-emas pada hunian karena dianggap cukup mencolok. Perlu diketahui bahwa dalam Feng Shui, emas menyimbolkan elemen logam, sedangkan merah menyimbolkan elemen api. Untuk menggunakan dua warna ini, Anda bisa menerapkannya pada bagian-bagian kecil dalam rumah seperti pegangan tangga, ventilasi, pintu, atau elemen lain pada rumah.

  1. Hitam-Putih

Di tangan yang tepat, warna hitam-putih akan menambah kesan elegan pada hunian. Dari perspektif Feng Shui, dua warna ini mewakili hubungan antara elemen air dan elemen logam yang harmonis. Tak perlu takut untuk mengeksplor rumah dengan dua kombinasi warna ini.

Itulah beberapa tren warna cat rumah 2024. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.