4 Ide Memadukan Warna untuk Rumah Minimalis
Ilustrasi (Space Joy/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Saat mendesain ruang minimalis, mudah untuk lebih memilih palet warna netral guna menciptakan suasana tenang dan bersih. Namun, Anda tetap dapat membuat ruangan terasa istimewa dan menenangkan memainkan sedikit warna di dalamnya.

“Warna adalah cara meningkatkan semangat pemilik rumah dan mengubah dinamika ruangan,” kata Abbey Stark, pemimpin desain interior IKEA AS, pemimpin dalam desain minimalis, dilansir dari The Spruce, Jumat, 6 Oktober.

Baca terus artikel di bawah ini jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara menghadirkan warna favorit ke dalam rumah minimalis Anda.

Kenali warna kesukaan

Sebelum memulai, tanyakan pada diri sendiri tentang;

  • Bagaimana perasaanku terhadap warna ini?
  • Suasana hati seperti apa yang ingin saya atur?
  • Apakah saya akan menyukai warna ini di masa depan atau hanya sementara
  • Akankah warna ini melengkapi gaya keseluruhan rumah?

Telusuri situs rumah untuk mendapatkan inspirasi tentang bagaimana Anda ingin ruangan terlihat lebih berwarna. Proses ini akan membantu menyederhanakan keputusan dan memberi gambaran lebih baik tentang apa yang dicari dalam hal cat dan dekorasi.

Isi dinding-dinding kosong

Bayangkan ruangan seperti kanvas kosong yang dapat diisi dengan perabotan warna-warni untuk memberikan kesan ekspresif. Jika sebagian besar interior, seperti dinding dan lantai, berwarna netral, ini adalah peluang bagus menambahkan hal berwarna lain yang sesuai dengan Anda.

Stark menyarankan orang-orang untuk merangkul warna dalam ruang mereka dan menemukan kegembiraan dalam memilih palet yang membuat mereka bahagia. Stark merekomendasikan memilih sofa atau kursi berlengan berwarna berani dan memilih opsi sarung pembungkus sofa. Sehingga Anda dapat dengan mudah menukarnya saat bosan dengan pilihan yang lain.

Ciptakan aksen

Cara terbaik memperkenalkan warna secara bertahap ke dalam hunian minimalis yaitu dengan menghadirkan dekorasi kecil untuk menambah aksen.

“Meski dekorasi berupa benda kecil, namun bila ditata dengan cara benar maka dapat memberikan dampak yang besar," ujar Stark.

Stark menyarankan memilih bingkai foto berwarna putih. Cara lainnya yaitu melalui tekstil. Stark merekomendasikan mencari bantal kursi warna-warni, tirai bermotif, atau bahkan permadani sebagai permulaan.

"Bermainlah dengan permadani besar warna-warni sebagai bagian yang mencakup semua ruang sambil membiarkan furnitur netral bersinar," kata Stark.

Padukan warna satu ruangan dengan ruangan lain

Anda tidak harus memilih banyak warna, cukup beberapa warna yang Anda sukai saja. Temukan satu atau dua warna yang membuat Anda merasa nyaman dan aplikasikan ke seluruh ruang rumah melalui perabotan, trim kayu, atau aksen dekorasi untuk mendapatkan tampilan yang kohesif.

Menggunakan warna yang sama untuk seluruh ruangan akan menciptakan tampilan lebih terstruktur. Jangan batasi diri hanya pada satu rona warna saja. Namun cobalah memadukan dan mencocokkan nuansa berbeda dengan warna yang sama dan tekstur berbeda untuk menciptakan kedalaman.

"Gabungkan warna ke berbagai ruangan untuk memberikan tampilan yang kohesif dan terpadu pada seluruh rumah," kata Stark.

"Itu bisa mengubah corak atau rona tetapi warna sebenarnya harus tetap konsisten di seluruh ruang tamu, perpustakaan, ruang makan, dan hingga kamar tidur," lanjut Stark.