Tempe Mendoan Termasuk 10 <i>Side Dish</i> Terbaik di Dunia, Cek Daftarnya
Ilustrasi side dish terbaik di dunia (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Side dish adalah makanan yang disajikan terpisah bersama hidangan utama. Biasanya dihidangkan satu porsi dalam piring tambahan kecil yang diisi makanan tertentu. Di seluruh belahan dunia, memiliki bahan pangan yang berbeda-beda dan diolah sesuai dengan tradisi setempat. Hidangan pelengkap, atau side dish, yang dinilai terbaik di dunia, ini daftarnya.

1. Dosa

Dosa adalah salah satu pancake tipis dan makanan India yang terkenal. Dibuat dari beras yang direndan dengan kacang hitam, lalu digiling menjadi pasta. Setelah menjadi adonan kental, biasanya dibiarkan terlebih dahulu agar berferementasi semalaman. Campuran adonan ini ditambahkan segenggam biji fenugreek sehingga warnanya sedikit cokelat keemasan. Makanan pelengkap ini dipanggang hingga berwarna keemasan dengan tekstur yang renyah dan terasa lezat.

2. Jeon

Jeon dikenal sebagai pancake Korea yang disajikan sebagai makanan pembuka, lauk-pauk, atau dikonsumsi sebagai camilan. Meskipun jeon biasanya disajikan dalam versi gurih, ada pula yang variasi rasanya manis. Bahan jeon dari tepung dan telur ditambah irisan daging tipis serta sayuran. Daging bisa dipilih sesuai pesanan, seperti daging unggas atau ikan laut.

side dish terbaik di dunia
Ilustrasi side dish terbaik di dunia (Freepik/topntp26)

3. Hummus

Hummus ada versi Beirut dan Lebanon, merupakan saus berbahan dasar buncis terkenal. Hummus Beirut berbeda, karena ditambahkan banyak bawang putih dan rempah-rempah. Umumnya dibuat dari kombinasi buncis, minyak zaitun, bawang putih, yogurt, tahini, air dingin, jinten, jus lemon, cabai, peterseli cincang, dan paprika. Setelah bahan tersebut siap, ditambahkan minyak zaitun, peterseli cincang, dan daun mint. Hummus Beirut disajikan dengan pita yang baru dipanggang atau roti pita lavash.

4. Žemaičių blynai

Žemaičių blynai adalah hidangan tradisional Lituania, dan namanya diterjemahkan menjadi pancake Samogitian. Pancake kentang pipih ini terbuat dari telur, garam, dan kentang tumbuk kasar, diparut, atau diparut, dan diisi dengan wortel atau daging. Isiannya sering kali dibuat dengan daging babi, telur, dan merica yang dipotong dadu.

Setelah disiapkan, panekuk kentang berbentuk oval ini dicelupkan ke dalam tepung dan digoreng dengan minyak hingga berwarna cokelat keemasan. Mereka disajikan dengan sesendok krim asam, tambahan potongan bacon, irisan mentimun, atau salad bit. Žemaičių blynai dapat disajikan apa adanya atau sebagai pelengkap hidangan daging, ikan, atau telur.

5. Llapingacho

Llapingachos adalah roti kentang khas Ekuador yang sering disajikan dengan saus kacang pedas di sampingnya. Makanan ini terdiri dari keju dan singkong atau kentang tumbuk. Kombinasi bahan-bahan tersebut diratakan dan dimasak di atas wajan hingga berwarna coklat keemasan. Llapingachos secara tradisional disajikan sebagai lauk bersama dengan alpukat, salad, telur goreng, daging babi, dan chorizo.

side dish terbaik di dunia
Ilustrasi side dish terbaik di dunia (Sumber: TasteAtlas)

6. Tempe mendoan

Tempe mendoan merupakan salah satu jenis tempe goreng yang berasal dari Purwokerto. Melansir TasteAtlas, Jumat, 6 Oktober, irisan tipis tempe kedelai ini dicelupkan dalam adonan yang diperkaya dengan ketumbar, irisan daun bawang, dan ulekan bawang putih. Tekstur tempe mendoan lembut dan empuk karena hanya digoreng sebentar. Tempe ini paling enak disajikan dengan sambal kecap dengan irisan cabai.

7. Tempe goreng

Meski berbahan utama sama, tempe goreng berbeda dengan tempe mendoan. Tempe goreng paling populer adalah tempe garit dengan potongan lebih tebal daripada tempe mendoan. Teksturnya renyah di luar dan biasanya disajikan sebagai makanan pendamping bersama sambal bawang atau sambal terasi.

8. Bulz

Bulz adalah hidangan tradisional Rumania yang dibuat dengan polenta matang yang dibentuk menjadi bola-bola dan diisi dengan isian krim. Selanjutnya, bola-bola dibakar, digoreng, atau dipanggang hingga bagian luarnya berbentuk kerak yang renyah sedikit gosong.

Paling umum, krim isian terbuat dari mentega dan keju domba yang lembut. Potongan ham atau bacon sering kali dimasukkan dalam isian untuk menghasilkan makanan seimbang. Dalam proses pemanggangan, keju mungkin meleleh sehingga memperkaya tekstur makanan.

side dish terbaik di dunia
Ilustrasi side dish terbaik di dunia (Freepik)

9. Zemiakové placky

Pancake kentang pedesaan dan renyah ini masakan tradisional Slovakia. Terdiri dari adonan kental yang dibuat dengan parutan kentang, telur, tepung, dan berbagai macam bumbu. Digoreng sebentar hingga berwarna cokelat keemasan, jajanan mengenyangkan ini biasanya dinikmati sebagai hidangan utama ditemani berbagai produk susu, atau sebagai lauk yang biasanya disajikan bersama semur Slovakia yang lezat.

10. Kateh

Makanan pendamping dari Iran ini, yaitu kateh yang merupakan salah satu teknik menyiapkan dan menyajikan nasi yang paling mudah dan sederhana dari beras berbutir panjang karena menyerap air lebih baik daripada kebanyakan jenis nasi lainnya. Beras dicuci, ditiriskan, dan dimasak dalam air yang diberi sedikit garam dan minyak. Ini dimasak perlahan, dengan api kecil, sehingga nasi menyerap semua cairan. Hasilnya bukan nasi empuk yang khas, melainkan sajian dengan tekstur padat dan rasa nasi yang bersih dan tak tersamar. Kateh jarang dimakan sendiri dan kebanyakan disajikan sebagai side dish.

Di atas adalah side dish terbaik di dunia termasuk dia diantaranya dari Indonesia. Adakah makanan pendamping di atas yang termasuk favorit Anda?