Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir, Mulai dari Mana?
Ilustrasi Banjir (Burak K/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Akhir-akhir ini hujan deras turun melanda sebagian wilayah di Indonesia. Curah hujan tinggi mengakibatkan kawasan jalan hingga perumahan ikut terendam banjir. Apakah rumah Anda juga terkena banjir? Jika iya, pastikan lingkungan sekitar Anda sudah aman sebelum kembali ke rumah, ya. Jika sudah dalam keadaan surut dan aman, segera bersihkan rumah dengan beberapa tips di bawah ini. 

Buka semua pintu dan jendela

Buka semua pintu dan jendela rumah saat pertama kali masuk. Hal ini bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara dalam rumah tetap mengalir dengan baik. Setelah pintu dan jendela dibuka, pastikan listrik dalam kondisi padam agar aman saat membersihkan rumah.

Memilih barang dengan bijak

Banjir dapat menyebabkan beberapa barang di rumah ikut terendam bahkan terhanyut hingga tak bisa diselamatkan. Daripada ditangisi, mending berpikir positif dengan menjadikan musibah ini sebagai momen decluttering. Jika ada furnitur yang bisa dialihfungsikan, sebaiknya pisahkan dan bisa dipermak setelah selesai berbenah.

Bersihkan karpet

Salah satu barang yang susah dibersihkan setelah tergenang air adalah karpet. Pertolongan pertama untuk membersihkannya yaitu, bentangkan karpet di tempat yang terpancar matahari. Siram kedua sisi karpet dengan air bertekanan besar untuk melunturkan lumpur. Gunakan pembersih karpet dan gosok seluruh bagian karpet. Terakhir, jemur karpet hingga benar-benar kering.

Jika Anda rasa karpet masih berbau apek setelah dicuci, sebaiknya bawalah ke tempat cuci karpet agar dibersihkan oleh ahli. Jika kondisi karpet terlalu parah dan sudah terendam lumpur lebih dari 24 jam, maka buang karpet agar tidak membawa udara buruk dalam rumah. 

Mengeringkan barang yang terkena air

Setelah membersihkan furnitur dari bekas lumpur dengan air bersih, langkah selanjutnya adalah keringkan selama 48 jam. Anda bisa menggunakan bantuan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan. Jangan lupa lepaskan bagian-bagian furnitur agar air tidak tersimpan di sela-sela barang.

Jika warna barang mulai pudar karena proses ini, coba pelitur ulang agar perabotan kembali mengilap.

Membersihkan dinding

Selain furnitur, dinding juga harus dibersihkan apalagi setelah tergenang air selama beberapa jam. Namun, pastikan dinding benar-benar dalam keadaan kering sebelum dibersihkan . Jika dibersihkan dalam keadaan basah, maka noda akan semakin parah. Gunakan kain bersih dan sikat untuk membersihkan noda. Tambahkan air sabun dan campur dengan larutan disinfektan untuk lebih steril.

Rendam peralatan dapur

Jika dapur juga terendam hingga mengotori peralatan makanan dan memasak, maka segera bersihkan, ya. Caranya, tuang larutan desinfektan dan air pada wadah besar dan rendam gelas, barang berbahan porselen, alat makan plastik, dan enamel selama 10 menit. Sedangkan untuk peralatan perah, panci, dan wajan, Anda cukup merebusnya di air selama 10 menit.

Cuci kain dengan deterjen bubuk

Setelah peralatan dapur, mari beralih ke kain baju, sarung bantal, selimut, hingga gorden. Cuci barang-barang ini dengan deterjen bubuk. Deterjen bubuk bekerja dengan baik untuk menghilangkan tanah liat dan kotoran yang mungkin terkandung di air banjir. Setelah pencucian awal ini, cuci ulang semuanya dengan menggunakan air panas. Keringkan semua pakaian sampai Anda yakin noda telah menghilang.