Suka Bikin Kesal, Begini Cara Mengusir Semut dari Rumah
Ilustrasi (Pixabay).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Semut adalah serangga berukuran kecil yang suka bikin kesal. Keberadaan semut tidak disukai karena ulahnya yang suka mengerumuni makanan di meja makan serta bumbu masakan di dapur. Bahkan, makanan yang sudah disimpan di tempat tertutup, terkadang masih dikerubungi semut. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara mengusir semut.

Cara Mengusir Semut

Semut tergolong serangga yang berkoloni dengan sarang-sarang yang teratur dan beranggotakan ribuan semut per koloni. Oleh sebab itu, tak heran jika semut disebut sebagai serangga sosial.

Nah, semut yang berkerumun di dalam rumah bisa menjadi masalah besar. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir, sebab semut bisa diusir dengan mudah.

Salah satu cara mengusir semut yang paling efektif adalah menjaga kebersihan rumah.

Selain menjaga kebersihan rumah, berikut cara mengusir semut yang mudah dipraktikkan di rumah, sebagaimana dihimpun VOI dari berbagai sumber.

1. Gunakan Bubuk Merica

Bubuk merica bisa menjadi hal yang sangat menganggu bagi semut. Untuk mengusir serangga ini, Anda bisa menaburkan merica hitam di meja makan. Cara ini cukup aman dan amat manjur untuk mengusir serangga, termasuk semut.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan Journals TDR, menabur lada di sekitar dapur, dapat menjauhkan semut berdatangan. Rasa pedas dari merica ini tidak disukai semut.

2. Semprotkan Minyak Esensial peppermint

Minyak esensial aroma peppermint ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut. Terkait hal ini, Anda bisa bisa mencampurkan 10-20 tetes minyak esensial peppermint dengan 2 cangkir air. Kemudian, semprotkan campuran di sekitar tempat tidur, jendela rumah atau di meja makan, dan biarkan kering.

Saat menyemprotkan cairan tersebut, jauhkan minyak peppermint dari jangkauan hewan peliharaan, terutama kucing. Ini karena mereka bisa sangat sensitif jika terpapar.

3. Semprotkan Tea Tree Oil

Cara mengusir semut yang selanjutnya adalah dengan menggunakan tea tree oil. Minyak pohon teh ini dikenal mampu mengusir dan membunuh semut.

Ilustrasi semut mengerubungi
Ilustrasi semut mengerubungi makanan (LordByron01/Pixabay).

Langkah-langkahnya cukup mudah, Anda bisa mencampurkan 5-10 tetes minyak pohon teh dengan 2 cangkir air dan gunakan sebagai semprotan. Anda juga bisa menggunakan bola kapas dan meletakkannya di sekitar rumah tempat semut bersarang.

4. Gunakan Minyak Lemon Eucalyptus

Selain dua minyak esensial di atas, minyak lemon eucalyptus juga termasuk ke dalam pengusir serangga alami lainnya.

Dalam minyak ini juga terdapat serai yang digunakan dalam terapi lilin untuk mengusir serangga terbang, seperti nyamuk. Sejumlah bukti menunjukkan cara ini cukup efektif untuk mengusir semut.

Cara mengusir semut dengan minyak lemon eucalyptus yakni, rendam bola kapas dengan minyak murni, lalu tempatkan di area tempat semut terlihat dan ganti sepekan sekali.

5. Gunakan Larutan Cuka Putih

Semut di rumah bisa diusir dengan campuran cuka apel-air dengan perbandingan 50:50. Cuka putih bisa membunuh semut dan juga mengusirnya.

Apabila Anda sering merasa terganggu dengan koloni semut merah, coba gunakan cuka encer untuk membersihkan permukaan yang keras, seperti lantai dan meja di seluruh rumah.

6. Manfaatkan Tepung Jagung

Cara mengusir semut dengan tepung jagung adalah tuangkan tepung ke seluruh kelompok semut, lalu tambahkan air diatasnya. Cara ini akan membuat banyak semut mati karena terbungkus tepung jagung atau maizena.

Anda juga bisa menutupi semut dengan tepung maizena kemudian menyedotnya dengan vakum, ketimbang menggunakan air. Pastikan untuk membuang kantong vakum bersegel di luar ruangan.

Demikianlah cara mengusir semut di rumah. Semoga bermanfaat.