6 Cara Mengusir Semut dari Rumah dengan Bahan Alami, Mudah dan Efektif
Ilustrasi (Egor Kamelev/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Semut dapat dengan cepat menyerbu rumah dan akan terus muncul dalam jumlah besar jika menemukan sumber makanan. Untungnya, ada metode pengusir alami untuk membasmi semut tanpa menggunakan pembasmi semut berbahan dasar kimia. Berikut enam cara mudah dan alami mengusir semut dari rumah atau pekarangan, dilansir dari The Spruce, Jumat, 5 Januari.

Tabur Ampas Kopi

Cegah semut dengan mengambil sisa ampas kopi dan taburkan di sekitar area yang banyak semut untuk mencegah hewan ini datang. Ini adalah metode sementara yang perlu diulangi atau dipadukan dengan cara lain, karena potensi ampas kopi melemah saat mengering.

Semut tidak menyukai aroma kopi dan akan berusaha meninggalkan tempat berbau kopi. Metode ini akan memaksa semut keluar dari sarangnya. Sehingga Anda perlu mencampurnya dengan metode lain guna menghilangkan semut seutuhnya.

Semprotan Pembersih Berbasis Cuka atau Minyak Atsiri

Kedua bahan ini hanya berfungsi menghilangkan semut dalam jumlah kecil. Anda cukup menyemprotkan larutan cuka atau minyak atsiri lalu lap dengan handuk. Kedua bahan ini tidak hanya Anda membunuh semut, tetapi juga akan menghapus jejak feromon yang ditinggalkan semut untuk memberi sinyal makanan kepada teman-temannya. Jika mereka tidak dapat mengundang temannya, mereka tidak akan mau kembali dan akan mencari sumber makanan lain.

Lada 

Lada hitam, lada merah, atau cabai cayenne bubuk dapat dimanfaatkan untuk menangkal semut karena aromanya yang pedas. Ketiga bahan rumahan tersebut bisa ditaburkan di alas tiang dan peralatan memasak.

Kulit Jeruk

Kupas kulit jeruk untuk mengusir semut dari sarangnya. Anda juga bisa gunakan buah sitrus lainnya seperti lemon atau grapefruit. Kulit jeruk mengandung minyak asam beracun yang disebut D-limonene yang dapat membunuh semut. Dengan menempatkan kulit di tempat yang banyak dihinggapi semut. Anda menutupi jejak dan aroma sumber makanan yang membuat mereka tertarik dan mencegah semut datang kembali.

Bedak bayi

Taburkan bedak bayi pada jalur yang biasa dilewati semut. Menaburkan bedak tersebut tidak akan membunuh semut, melainkan hanya mengalihkan baunya. Kecuali jika bedak tersebut ditaburkan langsung di atas tempat semut bersarang.

Bedak bekerja dalam dua cara. Aromanya yang kuat dapat menghilangkan jejak semut. Pun, dapat membuat semut tercekik jika dituangkan langsung ke atas hewan tersebut. Karena bahan utamanya, talk, akan meresap melalui lubang pernapasan semut.

Peppermint 

Peppermint adalah pengusir serangga alami yang efektif mengusir semut dan serangga lainnya, seperti nyamuk. Sebanyak 10-20 tetes peppermint dapat dicampurkan dengan dua gelas air dalam botol semprot. Campuran keduanya bisa disemprotkan ke alas tiang atau jendela dan biarkan hingga mengering.