Ini yang Perlu Dilakukan Agar Kucing Peliharaan Menjauh dari Tanaman Hias
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kucing sering kali menggali dan buang air di dalam pot tanaman. Terkadang kucing juga menggigiti batang dan daun tanaman sehingga mengganggu kesehatan tanaman yang Anda rawat. 

Jika Anda ingin menjauhkan kucing peliharaan dari tanaman yang dipelihara dalam pot, ada beberapa langkah yang bisa diambil. Anda dapat memasang pembatas untuk menjauhkan kucing dari tanaman, memperbaiki perilakunya, atau mencari solusi alternatif.

Letakkan aroma asam di sekitar tanaman

Karena kucing tidak memiliki reseptor rasa manis, mereka biasanya menghindari makan buah, khususnya buah jeruk. Namun, minyak esensial beraroma asam seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis dapat menyebabkan iritasi pencernaan sehingga menyebabkan muntah atau diare. Oleh karena itu, dilansir dari The Spruce, Senin, 30 Oktober, sebaiknya gunakan air perasan lemon, jeruk nipis, atau jeruk yang diencerkan dengan sedikit air lalu disemprotkan ke daun tanaman.

Tambahkan air cuka 

Selain cairan perasan beraroma asam, aroma mint dan cuka juga dapar membantu menjauhkan kucing dari tanaman hias maupun tanaman sayur. Kucing tidak menyukai bau cuka, jadi manfaatkan bahan asam ini sebagai pencegah yang aman bagi kucing.

Jangan menyemprotkan cuka pada tanaman karena dapat merusak dedaunan dan tanah. Namun gunakan campuran cuka dan air untuk disemprotkan di dekat tanaman. Misalnya pada pot atau rak penyimpanan tanaman hias. Encerkan cuka putih sulingan dengan perbandingan 1 banding 4 (misalnya, satu sendok makan cuka dengan empat sendok makan air) ditambah setetes sabun cuci piring cair sebagai bahan pengikat. Semprotkan sedikit di dekat tanaman Anda. Di luar ruangan, campuran ini juga dapat digunakan sebagai pembasmi gulma alami.

Ubah tempat penyimpanan

Cara mudah untuk menjauhkan kucing dari tanaman Anda adalah dengan memastikan mereka tidak dapat mengakses tanaman hias. Berikut beberapa opsi:

Tanaman gantung

Gunakan pot gantung dan letakkan di tempat yang tinggi. Anda bisa menggunakan penggantung pot dari bahan makrame dan rak tinggi demi menyelamatkan tanaman dari cakaran kucing.

Buat konservatori

Jika Anda memiliki ruang, tentukan “ruang tanaman” di mana kucing Anda tidak diperbolehkan masuk.

Buat lemari tanaman

Ubah lemari dengan pintu kaca menjadi rumah kaca kecil buatan Anda sendiri atau gunakan terarium. Tanamannya akan tetap terlihat, namun terlindungi dengan baik.

Berikan distraksi

Jika Anda tidak ingin ada aroma tambahan di rumah dan tidak ada tempat untuk merelokasi tanaman Anda. Cobalah mengalihkan perhatian kucing dan menyamarkan tanaman Anda dengan cara:

Bungkus pot dengan aluminium foil

Tentu saja, ini bukan tampilan yang paling estetis, tapi ini bisa jadi satu cara membuat kucing tidak menggunakan pot tanaman hias sebagai litter box. Kucing tidak suka dengan aluminium foil, untuk itu Anda bisa menutupi bagian tepi pot tanaman dengan aluminium foil.

Tutupi tanah

Salah satu metode yang bisa dilakukan agar kucing menjauh dari tanaman yaitu menutupi tanah tanaman berukuran besar dengan buah pinus, batu, atau batang bambu.

Sediakan rumput kucing

Coba alihkan kucing Anda dengan tanaman yang bisa dikunyahnya, seperti tanaman catnip atau rumput kucing. Terkadang kucing hanya ingin menggigit sesuatu, jadi ketika ada rumput kucing di sekitar mereka, mereka tidak akan menggigit tanaman hias Anda. Jika catnip tidak berhasil, coba berikan beberapa mainan kucing sebagai alternatif yang dapat membuat sebagian besar kucing rileks.