Bagikan:

YOGYAKARTA – Susu kedelai termasuk salah satu susu nabati yang banyak dikonsumsi. Tetapi enggak banyak orang yang tahu, bahwa susu kedelai bermanfaat baik untuk kesehatan. Harga susu kedelai cukup bervariasi, tetapi penting pula memahami kandungan setiap produk. Terutama, perhatikan jumlah glukosa atau gula dalam satu kemasan. Pasalnya, bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu harus membatasi konsumsi glukosa.

Susu kedelai dibuat dari biji kedelai yang direndam, lalu digiling sehingga keluar sari-sari yang kental berwarna putih seperti susu. Sehingga disebut susu nabati yang juga dianggap aman dikonsumsi kebanyakan orang kecuali orang yang alergi kedelai. Bagi orang yang memiliki kondisi tiroid tertentu, juga perlu menghindari konsumsi susu kedelai. Jika Anda tidak memiliki kondisi tertentu pada kesehatan dan boleh mengonsumsi susu kedelai, ini manfaatnya untuk kesehatan.

1. Sumber antioksidan

Kacang kedelai bahan utama susu kedelai, mengandung senyawa alami yang disebut isoflavon. Senyawa ini merupakan antioksidan yang mencegah kerusakan tubuh akibat stres oksidatif. Stres oksidatif, disebabkan molekul yang disebut radikal bebas.

alasan susu kedelai baik untuk kesehatan
Ilustrasi susu kedelai baik untuk kesehatan (Freepik/pressfoto)

2. Meringankan gejala menopause

Isoflavon dalam kedelai, termasuk daidzein dan genistein. Menurut penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan pola makan kaya kedelai mungkin mengalami risiko kanker payudara lebih rendah. Hal ini karena isoflavon dikenal sebagai fitoestrogen yang membantu tingkat estrogen lemah.

Beberapa wanita juga merasa gejala perimenopause. Seperti suasana hati yang buruk dan sensitif. Ternyata, genetika tubuh, microbiota usus, dan faktor lingkungan berperan besar dalam reaksi tubuh. Melansir BBC Good Food, Selasa, 3 September, fitoestrogen membantu mencegah keluhan yang dialami wanita. Baik wanita sedang perimenopause maupun yang memiliki sistem pencernaan buruk.

3. Sumber protein nabati yang lengkap

Kedelai merupakan sumber protein nabati yang diperkaya sembilan asam amino esensial. Asam amino esensial dibutuhkan untuk pertumbuhan, perbaikan, dan kekebalan tubuh. Dari semua alternatif susu nabati, ‘susu’ kedelai adalah yang paling sebanding dengan susu sapi dalam hal kontribusi protein.

4. Mendukung kesehatan jantung

Susu kedelai rendah lemak jenuh dan mengandung lebih banyak lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal. Selain komposisi lemaknya yang bermanfaat, mengkonsumsi makanan kedelai dapat mendukung kesehatan jantung berkat isoflavon, saponi, dan lesitin yang terkandung didalamnya.

5. Alternatif susu sapi

Susu kedelai bisa jadi alternatif susu sapi, terutama bagi orang yang menjalani diet nabati dan vegan. Namun kedelai yang mengandung kalsium diolah dengan difortifikasi. Beberapa susu nabati yang difortifikasi dengan yodium dalam bentuk kalium iodida mengandung kalsium. Tetapi kadarnya mungkin tidak sama dengan yang Anda temukan dalam susu sapi. Itu artinya, selalu periksa label susu kedelai untuk memastikan nutrisi apa saja dalam produk tersebut.

Meskipun susu kedelai baik untuk kesehatan, bagi orang yang memiliki riwayat batu ginjal kalsium oksalat, penting menghindari konsumsi kedelai secara berlebihan.