Bagikan:

YOGYAKARTA – Memilih makanan yang sehat, penting dilakukan demi kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan. Termasuk mengonsumsi makanan yang mengandung koenzim Q10, atau coenzyme Q10 (CoQ10). Senyawa ini termasuk antioksidan yang penting dalam menciptakan energi sel. Selain dikemas dalam suplemen, koenzim Q10 juga terkandung dalam makanan berikut ini.

1. Ikan salmon

Salmon merupakan salah satu makanan sumber asam lemak omega-3, protein, dan vitamin D. Nutrisi ini bermanfaat bagi kesehatan jantung, mengurangi inflamasi, dan meningkatkan fungsi otak. Penting dicatat, salmon yang ditangkap dari alam memiliki tingkat CoQ10 lebih tinggi. Meskipun salmon hasil budidaya juga tetap memberikan nutrisi yang berharga.

2. Bayam

Sayuran berdaun hijau, bayam, kaya akan vitamin dan mineral serta antioksidan penting termasuk CoQ10, vitamin A, vitamin C, beta-karoten, dan lutein. Antioksidan dalam bayam, bermanfaat melindungi sel-sel dari kerusakan, mengurangi stres oksidatif, dan meningkatkan kesehatan sel secara keseluruhan.

makanan yang mengandung koenzim q10
Ilustrasi makanan yang mengandung koenzim q10 (Freepik)

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian menyediakan CoQ10 yang mendukung produksi energi sel dan fungsi tubuh. Dua jenis makanan ini, juga mengandung lemak baik untuk kesehatan jantung serta serat yang baik untuk pencernaan. Untuk mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian, pilihlah yang diolah secara sehat. Misalnya dengan dipanggang atau dikukus. Penting juga mengonsumsinya dalam porsi seimbang dan telah dikonsultasikan pada profesional kesehatan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

4. Jeroan

Sekilas mungkin dianggap kontradiktif, jeroan bisa menyediakan vitamin, mineral, dan makronutrien. Melansir First Longevity, diinformasikan bahwa pilihlah jeroan organik yang berkualitas tinggi, misalnya dari hewan ternak yang diberi makanan rumput atau dipelihara di padang rumput. Jeroan yang bisa dikonsumsi asalkan telah dikonsultasikan dengan profesional kesehatan atau ahli gizi sesuai kondisi kesehatan Anda, antara lain hati dan jantung yang diolah dengan dipanggang.

5. Brokoli

Brokoli termasuk sayuran silangan yang mengandung koenzim Q10. Sayuran ini juga kaya akan antioksidan yang melindungi dari kerusakan, sementara kandungan seratnya meningkatkan pencernaan dan rasa kenyang.

6. Jeruk

Vitamin C dan koenzim Q10 terkandung dalam jeruk. Buah yang segar ini, juga kaya akan serat dan antioksidan flavonoid. Kandungan tersebut mendukung pencernaan yang sehat, kadar gula yang stabil, dan mendukung kekebalan tubuh serta kesehatan jantung.

7. Kedelai

Bagi Anda yang menjalani pola makan nabati, bisa mengonsumsi kedelai untuk menyerap manfaat koenzim Q10. Kedelai juga banyak diolah menjadi berbagai hidangan, seperti tempe, tahu, dan susu. Selain mengandung antioksidan, kedelai juga kaya serat, zat besi, kalsium, dan vitamin B6.

Itulah ketujuh makanan yang mengandung koenzim Q10. Melansir WebMD, CoQ10 sebenarnya diproduksi secara alami pada tubuh yang sehat. Tetapi seiring bertambahnya usia, produksi senyawa sejenis antioksidan ini menurun. Koenzim Q10, juga memiliki berbagai manfaat secara spesifik terkait kesehatan. Yaitu mencegah migrain dan sakit kepala kambuh, meningkatkan reproduksi, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah kanker serta penyakit neurodegeneratif.