Mana yang Paling Rendah Kalori, Susu Almond atau Susu Kedelai?
Ilustrasi susu almond (Pexels/Pegah)

Bagikan:

JAKARTA – Menjalani diet merupakan alasan kuat menyeleksi makanan dan minuman yang dikonsumsi. Di samping itu, dua jenis susu yaitu susu kedelai dan susu almond adalah alternatif minuman vegan. Bagi yang mengalami intoleran pada laktosa atau alergi susu plant base susu ini juga jadi pilihan.

Bagi yang sedang menjalani diet, menghitung setiap kalori yang dikonsumsi sangat penting. Terutama saat diet rendah kalori. Di antara susu kedelai dan susu almond, maka yang paling rendah kalorinya? Berikut penjelasan lengkap mengenai kandungan kedua susu tersebut dilansir oleh Medical News Today.

Susu kedelai

Susu kedelai mengandung lemak sehat. Susu ini juga jadi alternatif bayi yang intoleran terhadap susu sapi. Alasannya susu kedelai memiliki kandungan setara dengan susu sapi, terlebih dapat mendukung proses perkembangan bayi.

Susu kedelai mengandung lemak jenuh lebih rendah dibanding lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Ini berarti bahwa bagi penderita jantung dan kolesterol, tergolong aman mengonsumsi susu kedelai.

Ditambah lagi kandungan isoflavon yang memiliki fungsi antioksidan. Antioksidan dapat menurunkan risiko peradangan dan memiliki kecenderungan dalam menurunkan risiko kanker.

Susu almond

Berbeda dengan susu kedelai, susu almond mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan berat badan. Atau setidaknya dengan mengonsumsi susu almond setiap hari tidak berpotensi berat badan naik.

Kandungan lainnya antara lain serat, protein, dan tentu sama-sama mengandung antioksidan. Asam lemak pada susu almond bermanfaat memerangi kolesterol jahat.

Bagaimana kandungan kalori dari kedua susu ini?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat, kadar kalori dalam 240 mililiter susu kedelai sebanyak 101 kalori. Sedangkan pada susu almond sebanyak 29 kalori, namun susu kedelai lebih unggul pada kandungan protein didalamnya.

Artinya, jika mengonsumsi susu almond agar kebutuhan kalori dalam sehari terpenuhi, Anda membutuhkan asupan lain yang mengandung kalori sehat.  

Indikator lain menemukan bahwa susu kedelai lebih unggul daripada susu almond adalah tingginya kandungan potassium, magnesium, dan vitamin D.

Kedua susu ini memiliki kekurangan masing-masing. Untuk susu kedelai memiliki kandungan antinutrien yang dapat mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi. Sedangkan susu almond, dalam pengolahannya membutuhkan zat pengental atau disebut karagenan.

Karagenan ini yang memicu risiko gangguan pencernaan, bisul serta peradangan. Nah, jika menginginkan susu almond tanpa efek samping disarankan untuk membuatnya sendiri di rumah.