Ini Cara Menerima Kegagalan di SBMPTN
Kegagalan (Zohre Nemati/UnSplash)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini, Jumat, 14 Agustus hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) diumumkan. Bagi yang lolos, selamat ya! Kalian berhasil membuktikan kerja keras selama ini. Namun bagi yang belum lolos, jangan berkecil hati.

Reaksi negatif pasti timbul setelah melihat nama kita tidak ada di antara daftar nama yang lulus. Namun, jika kita membiarkan hal tersebut berlarut-larut, energi negatif akan terus hinggap dalam diri kita.

Untuk itu, VOI akan memberikan sejumlah cara agar kita bisa menghadapi sebuah kegagalan. Semoga membantu.

Kemampuan setiap orang tidak sama

Ada orang yang tidak perlu belajar untuk mendapat nilai 100, di sisi lain ada orang yang harus menghafalkan catatannya untuk nilai 100. Ingatkan diri sendiri tentang kapasitas diri yang berbeda dari orang lain. Jangan biarkan diri menyerah begitu saja.

Anda adalah orang layak

Seringkali ketika kita merasa gagal, kita merasa diri kita tidak layak atau tidak jarang kita merendahkan diri sendiri. Nah, singkirkan hal seperti ini dan coba lupakan kegagalan yang baru terjadi. Dilansir dari Psychology Today, Anda juga bisa menemui atau menghubungi teman dan coba tanyakan kepadanya tentang kelebihanmu.

Ingatkan diri sendiri

Setelah gagal masuk SBMPTN, lantas mau menyerah begitu saja? Ingatkan diri sendiri ada banyak alasan mengapa mencapai universitas yang Anda inginkan itu memerlukan usaha. Di sisi lain, ada banyak ujian mandiri yang diadakan berbagai universitas agar Anda bisa mengikutinya. Perjuangan tidak berhenti di sini.

Pertimbangkan segala sesuatu

Ketika merasa gagal, jangan buru-buru membuat keputusan. Tulis rencana apa yang ingin Anda lakukan ke depannya. Baik itu ingin belajar lagi, mengambil gap year, atau mencoba hal baru. Tulis rencananya dalam sebuah catatan dan pertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari rencana tersebut. Jangan lupa untuk tenangkan diri!

Fokus kepada penyebab 

Coba pikirkan lagi mengapa Anda tidak lulus SBMPTN; apakah Anda tidak belajar? Atau tidak siap menghadapi ujian? Evaluasi setiap alasan dan persiapkan bagaimana hal tersebut tidak terulang lagi. 

Banyak alasan yang bisa membuat Anda sanggup menghadapi kegagalan tetapi hanya butuh satu hal untuk menghancurkan itu semua. Jika hari ini Anda merasa tidak bisa, jangan biarkan perasaan itu berada di dalam pikiran berlama-lama. Tetap semangat ya!