Apa Itu Seleksi Mandiri PTN? Cari Tahu Pengertian dan Cara Masuknya
Apa Itu Seleksi Mandiri PTN (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak jalan untuk masuk menjadi mahasiswa Perguruan Tingg Negeri (PTN ).  Ya, Kecuali SNMPTN dan SBMPTN, Anda dapat mencoba masuk kampus cita-cita lewat jalur Mandiri. 

Lalu, jalur Mandiri itu sesungguhnya apa sih? Apa perbedaannya dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN? Apakah ketika mendaftar Seleksi Mandiri PTN peserta pasti diterima? Nah, untuk menjawab seluruh pertanyaan itu.

Apa Itu Seleksi Mandiri PTN

Seleksi Mandiri PTN merupakan cara penerimaan mahasiswa baru yang dijalankan oleh Perguruan Tinggi Negeri secara mandiri. Tata kelola dan aturan seleksi ini dikelola oleh suatu PTN itu sendiri. Model Seleksi Mandiri PTN yakni Universitas Indonesia menyelenggarakan SIMAK UI atau Universitas Gadjah Mada mengadakan UTUL UGM.

Berbeda dengan SNMPTN dan SBMPTN, jalur Mandiri setiap kampus biasanya tak dijalankan secara serentak di seluruh Indonesia. Format percobaan seleksinya bahkan berbeda-beda, tak seperti SNMPTN yang memakai poin rapor dan SBMPTN memakai poin UTBK. Ada kampus yang menjalankan Seleksi Mandiri memakai percobaan khusus. Tapi, ada pula yang memakai poin rapor, prestasi akademik dan nonakademik, atau malah mengaplikasikan poin UTBK untuk jalur Mandiri.

Apakah peserta jalur Mandiri pasti diterima? Jawabannya tak, Pahamifren. Sebab jalur ini termasuk komponen seleksi penerimaan mahasiswa baru, karenanya Anda konsisten akan lewat progres seleksi sesudah mendaftar. Berkaitan jadwal, persyarata, dan pengerjaan Seleksi Mandiri setiap PTN, Anda perlu rajin mengecek website sah kampus yang Anda tuju, ya.

Opsi Terakhir Masuk PTN

Tak hanya SNMPTN dan SBMPTN, Anda masih dapat menghasilkan asa kuliah di PTN unggulan lewat jalur Mandiri. Tetapi ingat, jalur Mandiri secara umum menjadi alternatif terakhir masuk PTN. Ada bagusnya sembari menunggu pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2022, Anda mulai mempersiapkan diri mengikuti seleksi yang satu ini.

Sebetulnya, ketika tak lolos jalur SNMPTN dan SBMPTN, Anda masih dapat mempertimbangkannya dan mencoba SBMPTN di tahun depan. Tapi, Seleksi Mandiri PTN bisa menjadi solusi supaya Anda tetap berkuliah di PTN idaman sesudah lulus sekolah. Jadi, maksimalkan peluang ini dengan bagus, Pahamifren!

Jadi setelah mengetahui apa itu seleksi mandiri PTN, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!