Bagikan:

YOGYAKARTA – Tanda penuaan ternyata tidak hanya bisa dilihat dari wajah, kulit kepala dan rambut pun ikut menunjukkan tanda-tandanya. Bahkan seringnya tanda kulit kepala mulai menua jarang disadari sehingga mengganggu kecantikan rambut. Saat itu terjadi maka kondisi dan penampilan kulit kepala dan rambut jadi terkesan tak terawat.

Tanda Kulit Kepala Mulai Menua

Penuaan yang ditandai di area kulit kepala dan rambut bahkan bisa terjadi lebih cepat dibanding tanda lain di sekitar wajah seperti kerutan. Pada kerutan, terdapat tips mengatasi penuaan dini pada kulit. Sedangkan penuaan pada rambut dan kulit kepala punya tandanya sendiri. Lalu apa saja tanda penuaan yang terjadi pada rambut?

  1. Kerontokan Rambut

Tanda ini bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Kerontokan rambut akibat tanda penuaan disebabkan karena kondisi kulit kepala yang mengalami penuaan sehingga lapisannya jadi menipis. Saat itu terjadi, cengkraman akar rambut di kulit kepala jadi kurang kokoh karena pengecilan folikel.

  1. Tekstur Rambut Kasar

Tidak hanya kerontokan, penuaan juga bisa ditandai dengan perubahan pada tekstur rambut dari yang awalnya halus jadi kasar. Hal ini terjadi karena rambut tidak berhasil menyerap nutrisi.

  1. Pertumbuhan Rambut Lambat

Tanda penuaan kulit kepala dan rambut yang juga sering tak disadari adalah adanya pelambatan pertumbuhan rambut. Untuk mengetahui pelambatan rambut, cara yang paling mudah dilakukan adalah saat cukur rambut. Dari yang biasanya cukur rambut dua bulan sekali jadi tiga bulan sekali.

  1. Rapuhnya Batang Rambut

Rambut juga membutuhkan nutrisi. Saat kulit kepala menua, rambut akan sulit menyerap nutrisi. Akibatnya rambut jadi lebih tipis dan rapuh. Kondisi tersebut akan menyebabkan dampak secara beruntun seperti rambut jadi lebih mudah patah, mudah rontok, pengecilan batang rambut, dan hal lain. Saat itu terjadi bukan tidak mungkin terjadi kebotakan permanen.

  1. Kelebatan Rambut Mulai Berkurang

Tanda ini cukup sering terjadi pada orang usia lanjut. Kelebatan rambut yang mengalami penuaan akan sangat terlihat pada orang usia lanjut. Tanda ini cukup mudah dilihat dengan mata. Tanda kelebatan rambut berkurang misalnya garis tumbuh rambut di bagian dahi mulai mundur sehingga terkesan botak atau memiliki jidat yang lebar. Biasanya kondisi ini terjadi di usia 50-an.

  1. Kulit Kepala Kering

Kulit kepala yang terasa kering juga bisa jadi tanda penuaan. Kondisi ini terjadi karena berkurangnya kelembapan di kulit kepala. Disarankan untuk mengatasi kekeringan pada kulit kepala karena akan cukup mengganggu penampilan.

Cara Mencegah Penuaan pada Rambut

Meski penuaan bersifat mutlak, namun Anda bisa melakukan sejumlah antisipasi agar kulit kepala tetap sehat dan rambut tetap lebat. Cara mencegah penuaan rambut adalah sebagai berikut.

  1. Pilih Sampo yang tepat
  2. Keramas secara rutin
  3. Gunakan vitamin rambut secara teratur
  4. Hindari kebiasaan yang merusak rambut seperti merokok dan sebagainya
  5. Terapkan hidup sehat.

Itulah informasi terkait tanda kulit kepala mulai menua. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.