Bagikan:

JAKARTA - Munculnya kerutan dan garis-garis di dahi merupakan proses alami yang tidak bisa dipisahkan seiring bertambahnya usia. Meski begitu, tak menutup kemungkinan orang-orang muda juga punya kerutan di dahi. Nah, ada sejumlah trik sederhana yang bisa dilakukan untuk menguranginya atau menghilangkannya. Dengan catatan, Anda harus melakukan secara rutin dan telaten setiap hari. Apa sajakah itu?

Tetap Terhidrasi

Dehidrasi pada kulit merusak kolagen dan elastin, yang menyebabkan terbentuknya garis-garis halus dan kerutan baru. Karena kulit memerlukan hidrasi, maka pastikan Anda minum cukup air sepanjang hari. Dengan cara ini, kulit akan lebih lembut dan kenyal, sehingga kerutan di dahi pun berkurang.

Gunakan Produk Pembersih yang Lembut

Pembersih yang keras akan menghilangkan minyak alami dan kelembapan dari kulit. Sehingga menyebabkan kulit kering yang akan membuat kerutan di dahi Anda tampak menonjol. Menurut Dr. Aseem Sharma, Kepala Dokter Kulit di Skin Saga Centre for Dermatology, Mumbai, dikutip dari Pink Villa, Kamis, 5 September, hindari bahan kimia keras dalam pembersih seperti sodium lauryl sulfate (SLS) dan wewangian. Karena dapat menghilangkan minyak alami dan menyebabkan iritasi. Selain itu, hindari paraben dan pelepas formaldehida, yang terkait dengan gangguan hormonal dan alergi.

Jangan Lewatkan Pelembap

Menggunakan pelembap berkualitas baik secara teratur dapat memberikan keajaiban bagi kulit Anda. Pilih pelembap yang mengandung asam hialuronat karena akan meningkatkan elastisitas kulit, membantu melawan tanda-tanda penuaan, bahkan jika Anda memiliki kerutan di dahi pada usia 18 tahun.

Gunakan pelindung matahari

Kerusakan akibat sinar matahari merupakan salah satu penyebab utama penuaan dini yang mana dapat mempercepat munculnya kerutan di dahi. Sangat penting bagi Anda untuk melindungi kulit dari sinar UV matahari berbahaya. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan tabir surya berspektrum luas, mengandung SPF minimal 30.

Gunakan Produk Retinol

Menambahkan produk perawatan kulit berbasis retinol ke dalam rutinitas dapat mengubah segalanya. Retinol telah terbukti meningkatkan produksi kolagen alami, yang pada gilirannya membantu memperbaiki tekstur kulit dan meminimalkan kerutan.

Lakukan Latihan Wajah

Lakukan latihan wajah secara teratur yang menargetkan otot-otot di area dahi. Ini dapat membuat dahi tampak lebih halus, sehingga mengurangi dampak kerutan di dahi. Berbaringlah terlentang. Dengan mata terbuka, tempatkan tangan di dahi sehingga ujung-ujung semua jari saling berhadapan, kemudian gerakkan alis dan kelopak mata ke atas. Tahan posisi ini selama 5 detik. Senam ini bermanfaat bagi otot-otot dahi dan menahan alis, membantu mengurangi keriput di area tersebut.

Pilih Gaya Hidup yang Lebih Baik

Jauhi kebiasaan merokok dan minum alkohol atau batasi konsumsi produk-produk ini. Kebiasaan-kebiasaan ini diketahui dapat membuat Anda cepat menua. Selain itu, Anda juga bisa mulai mengonsumsi makanan seimbang kaya antioksidan guna meningkatkan kesehatan kulit.