5 Tips Mendapatkan Kulit Sehat Berseri Tanpa Repot
Ilustrasi (Yaroslav Shuraev/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kulit adalah organ terbesar tubuh. Saat kulit sehat, lapisannya bekerja keras melindungi tubuh. Namun jika bermasalah, kemampuan kulit untuk bekerja sebagai pelindung yang efektif akan terganggu. Oleh karena itu, VOI melansir Medical News Today, Kamis, 5 Januari, menemukan cara terbaik meningkatkan kesehatan kulit guna mendukungnya menjalankan peran sebagai protektor.

Jalani diet sehat

Apa yang Anda makan sama pentingnya dengan produk yang Anda kenakan pada kulit. Pola makan yang tepat dapat meningkatkan kesehatan kulit dari dalam ke luar. Sehingga, untuk mendapatkan kulit yang bersih bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan sehat.

Perbanyak konsumsi makanan dan minuman seperti mangga, tomat, olive oil, teh hijau, teh putih, kale, dan makanan mengandung omega-3 dan kedelai untuk membantu merawat kulit Anda. Hindari minuman beralkohol sebisa mungkin sebab asupan alkohol yang tinggi berkaitan dengan risiko peningkatan sel karsinoma basal, penyebab kanker kulit.

Kendalikan stres

Pernahkah Anda perhatikan, tiap stres melanda jerawat pun tak segan datang bertamu di wajah? Tentu saja hal ini terjadi karena stres berlebih dapat meningkatkan jumlah sebum atau zat minyak yang menyumbat pori-pori. Penyumbatan pori-pori bisa sebabkan timbulnya jerawat.

Untuk itu, mengurangi tingkat stres dapat berdampak pada kulit lebih sehat dan bersih. Jika Anda membutuhkan kegiatan untuk mengontrol tingkat stres, coba lakukan tai chi, yoga, atau meditasi.

Jaga kelembapan kulit

Pelembab kulit atau moisturizer berfungsi menjaga lapisan atas sel kulit tetap terhidrasi dan mengunci kelembapan. Produk pelembab sering kali mengandung humektan untuk melindungi kelembapan, zat oklusif untuk mempertahankan kelembapan di kulit, dan emolien untuk menghaluskan ruang antar sel kulit. Jangan biarkan kulit Anda kering karena kulit kering bisa jadi sebab permasalah kulit.

Berhenti merokok

Merokok bisa membuat kulit wajah dan kulit yang terletak di area tubuh lain jadi cepat menua. Merokok mempersempit pembuluh darah yang ditemukan di lapisan luar kulit, yang mengurangi aliran darah dan menghabiskan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat.

Kolagen dan elastin memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Sedangkan, merokok dapat mengurangi elastisitas alami kulit dengan menyebabkan kerusakan kolagen dan pengurangan produksi kolagen.

Cukup tidur

Cukup tidur bisa mengurangi lingkaran hitam di bawah mata Anda. National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa untuk tidur tidur selama 7 hingga 9 jam setiap hari. Tidur di bawah waktu tersebut dapat merusak kesehatan, khususnya kulit.

Orang dengan gangguan tidur mengalami peningkatan tanda-tanda penuaan dini dan penurunan kemampuan regenerasi kulit di malam hari. Saat Anda terlelap, tubuh mengalami proses perbaikan dan meregenerasi kulit, otot, darah dan sel otak. Tanpa tidur yang cukup, tubuh tidak dapat memproduksi kolagen baru, zat yang berfungsi mengencangkan kulit.