5 Resolusi Tahun 2024 untuk Dapatkan Kulit Sehat Berseri
Ilustrasi (KoolShooters/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Setiap awal tahun, Anda membuat daftar resolusi dalam berbagai aspek, begitu pula tahun 2024. Salah satunya ialah resolusi perawatan kulit. Menerapkan pendekatan holistik terhadap perawatan kulit sangatlah penting, bukan hanya produk yang digunakan namun juga pilihan yang dibuat dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu, apa saja resolusi tahun baru untuk dapatkan kulit sehat? Simak penjelasannya berikut ini, dilansir dari Times of India, Jumat, 5 Januari.

Melindungi kulit dari matahari

Bukan hanya wajib digunakan saat liburan, tabir surya kini harus wajib dimasukkan ke dalam rutinitas skincare sehari-hari, di cuaca mendung sekalipun. Sinar Ultraviolet A (UVA) memiliki gelombang yang lebih panjang dan berhubungan dengan masalah kulit seperti penuaan dan pigmentasi. Sedangkan sinar Ultraviolet B (UVB) memiliki ukuran gelombang yang lebih pendek dan berhubungan dengan luka bakar akibat sinar matahari. Penting juga memakai tabir surya SPF 30+ setiap saat, bahkan saat Anda berada di kantor atau di dalam ruangan.

Hidrasi

Hidrasi dan pelembab kulit harus jadi  hal penting dan diprioritaskan untuk meniadakan dan mencegah masalah kulit lainnya. Menggunakan pelembab berkualitas baik dengan bahan-bahan yang menghidrasi seperti asam hialuronat dan ceramide akan menjaga tingkat hidrasi pada kulit. Mencegah masalah lebih lanjut seperti penuaan dini, dehidrasi, dan kemerahan.

Pilih gaya hidup sehat

Selain dari luar, kesehatan kulit pun perlu dijaga dari dalam melalui gaya hidup sehat. Hal-hal yang Anda lakukan mulai dari aktivitas, pola makan, hingga kebiasaan tidur dapat memengaruhi kulit. Penuhi kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi makan sehat kaya antioksidan dan beta-karoten seperti stroberi, alpukat, dan paprika dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Olahraga ringan seperti yoga dan meditasi juga sangat membantu. Selain itu, istirahat malam yang cukup dapat mengurangi stres pada kulit dan menciptakan skin barrier yang sehat.

Fokus pada Rutinitas Perawatan Kulit Malam Hari

Rutinitas perawatan kulit malam hari yang lengkap memperkuat dan mempersiapkan kulit Anda melawan pengaruh lingkungan keesokan harinya. Oleh karena itu, perawatan kulit mungkin terbilang minim saat Anda bangun di pagi hari.

Saat tidur, kulit menyerap produk 60 persen lebih efektif dibandingkan siang hari. Malam hari adalah mode pemulihan saat sel-sel kulit beregenerasi, sedangkan siang hari, kulit bekerja melindungi Anda. Dengan menggunakan produk berbahan aktif dan mempersiapkan kulit di malam hari, Anda dapat memanfaatkan proses peremajaan alami tubuh secara maksimal.

Rutinitas dasar malam hari mencakup pembersih, toner atau esens, serum, krim mata, dan pelembab. Namun perawatan yang lebih menyeluruh mungkin terdiri dari masker wajah, terapi LED, atau pijat menggunakan alat pijat tiga hingga empat malam dalam seminggu. Produk dan alat yang Anda gunakan semuanya bergantung pada kebutuhan kulit Anda pada hari itu.

Penggunaan Vitamin A

Vitamin A adalah bahan terpenting dalam menjaga kesehatan kulit secara optimal. Retinol, turunan vitamin A, mengatasi masalah seperti garis halus, kerutan, hiperpigmentasi, dan jerawat. Vitamin esensial ini bekerja dengan melekatkan dirinya pada sel-sel kulit, menormalkan fungsinya, dan meremajakannya agar berperilaku seperti versi dirinya yang lebih muda dan sehat.

Meskipun vitamin A merupakan pengobatan yang terbukti dapat mengatasi penuaan kulit, vitamin A hadir dalam formulasi yang sangat ampuh yang dapat menyebabkan reaksi yang tidak diinginkan. Masalah ini lebih terlihat pada retinoid berkekuatan maksimum seperti tretinoin khusus resep, sedangkan retinoid lain seperti retinol dan retinol palmitat tidak terlalu menyebabkan iritasi.