Bagikan:

YOGYAKARTA – Menjaga kulit tetap menawan, bukan hanya memakai skincare saja. Mengatasi masalah kulit dengan mengonsumsi makanan tertentu yang mengandung nutrisi baik, juga banyak membantu. Menurut konsultan dermatologis dan ahli gizi, dokter Thivi Maruthappu, pola makan erat kaitannya dengan kesehatan kulit. Ini merupakan pendekatan holistik, yang memanfaatkan pikiran, perawatan kulit, perawatan medis yang dipersonalisasi, dan tentu saja resep makanan tertentu untuk mengatasi masalah kulit.

Maruthappu dilansir Vogue, Senin, 27 November mengatakan, kesehatan kulit adalah pekerjaan dari dalam dan luar. Tambahnya lagi, jika kita ingin merasa dan tampil baik, penting untuk tidak mengabaikan dampak stres dan pola makan. Pasalnya, pola makan bergizi dan seimbang merupakan landasan kesehatan kulit. Secara lebih spesifik, berikut makanan yang bisa membantu mengatasi kondisi kulit.

1. Kefir untuk eksim

Banyak penelitian yang mendukung hubungan antara kesehatan usus dan eksim. Untuk itu, Maruthappu merekomendasikan pasiennya yang menderita eksim untuk meningkaktan mikrobioma usus. Misalnya dengan mengonsumsi kefir atau yoghurt supaya kesehatan pencernaan lancar.

makanan memperbaiki kondisi kulit
Ilustrasi makanan memperbaiki kondisi kulit (Freepik/cookie_studio)

2. Kenari membantu mengatasi gejala mata kering akibat rosacea

Kacang kenari mengandung omega-3 dari nabati. Tingkat zat tersebut tergolong tinggi dalam buah kenari. Sehingga memiliki efek anti-inflamasi yang bagi penderita rosacea membantu mengatasi gejala kulit kering.

3. Manggis untuk anti penuaan

Buah yang kulitnya juga diolah menjadi obat herbal ini, kaya akan antioksidan. Antioksidan dalam daging buah manggis disebut xanthone, yang membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas dan mengurangi produksi AGEs (Advanced Glycation End products). Semakin banyak produksi AGEs, kolagen menjadi kaku dan kulit kendur.

4. Tomat mencegah kerusakan kulit akibat paparan matahari

Tomat ialah sumber likopen alami tertinggi, antioksidan, dan membantu mengatasi kerusakan akibat sinar matahari. Penelitian menunjukkan, meningkatkan asupan likopen dapat mengurangi intensitas sengatan matahari. Tetapi Anda harus tetap memakai SPF yang berkualitas baik.

5. Kayu manis untuk jerawat

Wanita mengalami jerawat hormonal sejak masa puber hingga menopause. Meskipun pada saat menopause juga memungkinkan mengalami jerawat yang dipicu oleh perubahan kondisi hormon. Pada kondisi PMS misalnya, makanan manis adalah camilan yang kerap diidamkan. Namun perlu dipahami, meningkatnya gula darah juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Jadi salah satu untuk mengatasi hal ini adalah dengan memasukkan kayu manis karena bumbu aromatik ini membantu mengelola lonjakan gula darah.

6. Jus ceri mengatasi mata lelah

Jus ceri mengandung melatonin, yaitu hormon tidur yang dilepaskan tubuh. Meminum jus ceri sebelum tidur, dapat membantu Anda tertidur lebih lama dan lebih mudah.

Itulah keenam makanan yang memperbaiki kondisi kulit. Selain makanan di atas, adakah makanan yang sering Anda konsumsi dan bermanfaat baik untuk kulit?