Cegah Kulit Kering dan Dehidrasi di Musim Panas, Coba Lakukan Hal Ini Setiap Hari
Ilustrasi (Juan Pablo Serrano Arenas/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kulit kering dan dehidrasi merupakan suatu kondisi kulit yang kehilangan kadar airnya sehingga menimbulkan efek kulit menjadi kering atau bahkan dehidrasi. Masalah kulit ini bisa terjadi pada berbagai jenis kulit, mulai dari kulit normal, kering, hingga berminyak. Jika Anda mengalami masalah kulit kering atau dehidrasi, simak beberapa tips di bawah ini, melansir Healthline, Jumat, 26 Agustus untuk tahu bagaimana cara mengatasinya.

Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat emolien yang dapat mengisi ruang di antara sel-sel kulit, sehingga menciptakan permukaan kulit lebih halus. Itu sebabnya asam lemak jenuh yang terjadi secara alami dalam minyak kelapa dapat melembabkan dan menghaluskan kulit.

Anda dapat menggunakan minyak kelapa setiap hari bahkan pada bagian tubuh yang paling sensitif sekalipun. Termasuk area di bawah mata Anda dan di sekitar mulut. Keuntungan lain dari minyak kelapa adalah Anda tidak perlu mencampurnya dengan apa pun. 

Petroleum jelly

Menurut sebuah penelitian, petroleum jelly dapat menyembuhkan kulit kering. Petroleum jelly, juga dikenal sebagai minyak mineral yang mampu menutupi kulit dengan lapisan pelindungnya sehingga menjebak kelembaban alami kulit.

Oatmeal

Oatmeal adalah obat tradisional yang umum untuk mengatasi kulit iritasi karena kering. Oatmeal memiliki antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang menenangkan iritasi. Oatmeal juga ampuh mengurangi rasa gatal pada kulit. 

Anda bisa membuat masker oatmeal di rumah. Gunakan food processor untuk menghancurkan oatmeal menjadi bubuk halus, lalu aduk ke dalam larutan air hangat. Setelah dingin, oleskan pada area kulit yang mengalami masalah.

Konsumsi antioksidan dan omega-3

Selain dari luar, Anda bisa memperbaiki kulit kering Anda dari dalam dengan konsumsi makanan sehat. Ada beberapa makanan yang dapat membantu kulit Anda tampak lebih sehat. Makanan kaya antioksidan dapat meminimalkan kerusakan dari racun dan membantu tubuh Anda membuat sel-sel baru. Beberapa makanan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit antara lain:

  • bluberi
  • tomat
  • wortel
  • kacang polong
  • kacang-kacangan
  • Makanan kaya asam lemak omega-3 seperti salmon