Bagikan:

YOGYAKARTA – Tanda kulit sehat seperti apa? Sedianya, kulit yang sehat itu bebas dari berbagai masalah kulit seperti gatal, ruam, atau penyakit kulit seperti panu.

Tanda-tanda kulit sehat sangat penting untuk diketahui, sebab informasi ini dapat membantu Anda memilih produk perawatan kulit yang tepat.

Untuk mengetahui beberapa indikator yang menandakan kulit seseorang tergolong sehat, simak penjelasan berikut ini.

Kulit Sehat Seperti Apa?

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 15 Juni 2024, beberapa kondisi kulit di bawah ini dapat dijadikan sebagai patokan untuk mengukur kesehatan kulit Anda.

1. Permukaan kulit tidak terlihat kusam

Salah satu indikator yang menandakan kulit seseorang tergolong sehat adalah permukannya tidak terlihat kusam.

Hal ini disampaikan oleh konten kreator kesehatan dr Farhan Zubaedi. Dia bilang, indikator kesehatan kulit juga mencakup tanda penuaan kulit berupa adanya kerutan pada area dahi atau pipi.

"Kesehatan kulit itu tidak ditentukan dari warna. Kita memang punya standar kecantikan yang masih ekstrem, lebih condong ke kiri atau kanan, harus putih, bening... Tapi, sebenarnya itu bukan patokan kulit sehat atau tidak," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta pada Minggu, 9 Juni 2024, dikutip dari Antara.

2. Tampak cerah dan bertekstur bagus

Tanda atau ciri kulit sehat yang berikutnya adalah kulit terlihat cerah dan memiliki tesktur yang bagus.

"Kalau skin pigmention (pigmentasi kulit) itu bukan untuk melihat kulit sehat. Tapi, memang secara penelitian, orang dengan kulit yang gelap itu lebih tahan lama dibandingkan yang terang karena melanin yang tinggi," ucapnya.

Dokter Farhan mengatakan, melanin berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet hingga polusi.

"Makanya, kalau kita kena sinar matahari, kita tan, kita hitaman, itu sebenarnya adalah reaksi tubuh melindungi kita karena melanin yang meningkat," sambungnya.

Dia menekankan pentingnya membersihkan kulit wajah dengan baik agar kesehatan kulit dapat terjaga dengan baik.

Ketika menghapus riasan di wajah, kapas yang sudah digunakan untuk membersihkan bagian tertentu sebaiknya tidak digunakan kembali.

"Jangan melewati bagian yang sama dengan kain yang sama supaya dia tidak nempel," ujarnya.

"Jadi, kalau bisa satu kapas untuk sekali usap. Jadi, ganti dengan sisi lainnya, kan itu tebal, atau pakai sisi yang lain. Tapi, kalau bisa jangan lewati dengan bagian yang sama," tandas dokter Farhan.

3. Kulit terasa kenyal

Kulit terasa kenyal juga termasuk ciri-ciri kulit sehat. Cara mengecek kekenyalan kulit adalah dengan mencubit pipi secara perlahan. Jika kenyal, kulit pipi terasa lembut dan elastis.

Elastisitas kulit ini bisa muncul bila kulit terhidrasi dengan baik, serta dijaga kelembapannya. Kelembapan kulit dapat dijaga dengan produk skincare yang mengandung vitamin E atau omega-3.

4. Tidak berjerawat

Kulit yang sehat tidak memiliki bekas jerawat, bekas luka, komedo, garis-garis halus, atau iritasi.

Penggunaan tabir surya bisa membantu menjaga kulit wajah tetap sehat dan bebas dari kerutan.

Dalam jurnal BMJ Clinical Evidence disebutkan, paparan radiasi ultraviolet dari sinar matahari bisa mengakibatkan radikal bebas yang merupakan penyebab keriput dan garis-garis halus wajah.

Itulah alasan mengapa tabir surya dapat mencegah terjadinya keriput atau penuaan dini dengan melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

5. Kulit terhidrasi dengan baik

Indikator kulit sehat yang terakhir yakni kulit terhidrasi dengan baik. Kulit yang sehat akan terasa lembap, sebab asupan air untuk kulit terpenuhi.

Air dapat menjaga keseimbangan sebum di permukaan kulit sehingga mencegah munculnya jerawat atau kulit berminyak, serta berperan penting dalam produksi kolagen.

Demikian informasi tentang kulit sehat seperti apa. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.