Berapa pH Alami Kulit Wajah yang Normal bagi Pria dan Wanita, Segini Kadarnya
berapa pH alami kulit wajah (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kadar pH kulit adalah salah satu indikator untuk melihat kondisi atau kesehatan kulit wajah. Apabila pH kulit tidak seimbang maka bisa menyebabkan berbagai macam permasalahan kulit. Oleh karena itu setiap orang perlu tahu berapa pH alami kulit wajah yang normal.

Kulit wajah merupakan area yang wajib dijaga agar kesehatannya selalu terjaga dan penampilan terlihat menarik. Salah satu masalah yang kerap dialami dan harus diantisipasi adalah kondisi pH kulit yang tidak seimbang. Kondisi tersebut bisa memicu berbagai masalah kulit, seperti iritasi, berjerawat, hingga kulit kering dan kusam.

Bisa jadi adanya masalah pada kulit wajah Anda disebabkan oleh pH kulit yang tidak seimbang. Lantas berapa pH alami kulit wajah yang normal dan bagaimana cara menjaga keseimbangannya?

Apa Itu pH Kulit Wajah?

Potential of Hydrogen (pH) kulit wajah adalah skala pengukuran yang menunjukkan kadar keasaman atau kebasaan dalam kulit wajah. Keseimbangan pH ini dijaga oleh lapisan kulit, yaitu acid mantle yang terdiri dari asam amino, minyak alami (sebum), dan lemak. Acid Mantle berperan untuk menjaga keseimbangan pH kulit wajah sehingga kulit tetap lembap dan terlindung dari polusi hingga dehidrasi. 

Skala pengukuran pH kulit wajah dimulai dari nol hingga 14, sebagai berikut:

  • pH kulit wajah netral berada di angka 7, yang menunjukkan kadar kulit tidak asam atau tidak basa
  • pH kulit wajah berada di bawah 7, menunjukkan kulit wajah termasuk asam
  • pH kulit wajah berada di atas 7, menunjukkan kulit tergolong basa atau alkaline

Berapa pH Alami Kulit Normal?

Pada umumnya nilai pH kulit wajah yang normal berada dalam skala yang sedikit asam. Kadar pH yang berada pada angka 7 sebenarnya bukanlah kondisi yang normal. Kulit wajah dapat dinilai normal apabila kadar pH berada di bawah 5 atau bersifat asam. 

Berdasarkan riset dari The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, pH kulit yang baik berada dalam angka 4,5-55 untuk kulit wajah wanita. Sementara pH kulit wajah yang ideal bagi pria yakni 4-5,5. 

Kulit dengan pH yang tidak seimbang akan rentang mengalami infeksi bakteri dan mikroorganisme lainnya. Kulit wajah yang berminyak biasanya memiliki pH dengan kadar lebih rendah, yakni berada pada rentang 4-5,4. Sementara pada kulit yang kering, kadar pH justru lebih tinggi yaitu di atas 5,5. 

Ciri-Ciri pH Kulit Wajah yang Normal

Kondisi pH kulit wajah yang normal bisa terlihat atau diketahui dari beberapa ciri. Berikut ini tanda-tanda pH kulit wajah yang seimbang:

  • bertekstur lembut,
  • kulit yang lembap,
  • warna kulit merata dan tidak kemerahan, dan
  • tidak mengalami tanda-tanda infeksi kulit,
  • permukaan kulit terasa halus tanpa kerutan atau sisik kering.

Penyebab Kulit Wajah Tidak Seimbang

Berikut ini beberapa faktor penyebab kulit wajah tidak seimbang yang perlu Anda tahu:

Usia

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, kadar pH kulit wajah akan bersifat lebih basa atau asam. Kondisi ini yang mengakibatkan munculnya tanda-tanda penuaan pada wajah, seperti hiperpigmentasi, keriput, kerutan, dan lainnya. 

Menerima Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Terkena paparan matahari secara berlebihan juga dapat membuat kadar pH kulit wajah jadi tidak seimbang. Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa melemahkan lapisan acid mantle yang mempengaruhi pH kulit wajah. 

Pola Makan Tidak Sehat

Pola makan yang tidak sehat juga bisa menyebabkan pH wajah tidak seimbang. Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang bersifat asam dan kandungan gula tinggi bisa mempengaruhi kadar pH kulit wajah jadi lebih basa. 

Perawatan Kulit yang Tidak Tepat

Penyebab lain yang perlu diwaspadai adalah perawatan kulit yang tidak tepat. Penggunaan produk-produk skincare yang tidak cocok dengan jenis atau kondisi kulit akan mengganggu kadar pH kulit wajah. 

Demikianlah ulasan mengenai berapa pH alami kulit wajah yang normal atau seimbang. Menjaga kadar pH tetap normal sangat penting dilakukan oleh setiap orang agar kulit tetap sehat dan tampil baik. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.