Bagikan:

YOGYAKARTA – Kapan pria harus merawat wajah? Pertanyaan ini mungkin sering terlintas di benak banyak pria. Banyak yang beranggapan bahwa perawatan wajah hanya untuk wanita. Padahal, kulit pria juga membutuhkan perhatian khusus agar tetap sehat dan terbebas dari berbagai masalah kulit wajah.

Mengapa Pria Perlu Merawat Wajah?

Alasan pria perlu perlu merawat kulit wajah lantaran kulit pria lebih rentan menimbun komedo yang mudah terjebak dalam pori-pori kulit.

Selain itu, kulit pria juga lebih banyak mengeluarkan minyak ketimbang wanita. Menurut ahli dari AS, kulit pria ternya 25 persen lebih tebal daripada kulit wanita, dikutip dari Harper’s Bazaar.

Kulit pria memiliki lebih banyak folikel rambut, kandungan kolagen pada kulit, dan produksi sebum yang lebih aktif. Hal ini bisa membuat pria lebih rentan mengalami masalah kulit terutama pada wajah.

Kapan Pria Harus Merawat Wajah?

Perawatan wajah merupakan upaya untuk menjaga kulit wajah tetap sehat. Untuk itu, tidak ada batasan bagi seorang pria untuk melakukan perawatan kulit wajah. Bahkan, perawatan kulit wajah bisa dilakukan sejak dini.

Hanya saja, metode dan peralatan yang dipakai untuk merawat kulit wajah di setiap usia dan individu akan saling berbeda satu sama lain.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah merawat kulit wajah bukan hanya soal menghapus jerawat, menghilangkan flek hitam, atau keriput saja, namun juga menjaha kondisi kulit agar tetap sehat dan terawatt.

Bagaimana Cara Pria Merawat Wajahnya?

Untuk menjaga kulit wajah tetap sehat, pria perlu melakukan perawatan wajah dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Gunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit

Produk pembersih wajah bisa menghilangkan kotoran di pori—pori yang dapat menyebabkan noda.

Hindari membersihkan wajah dengan sabun batangan lantaran bisa membuat kulit menjadi lebih kering dan mengelupas.

Sebagai gantinya, gunakan produk perawatan wajah pria yang terbuat dari bahan pembersih alami yang sesuai dengan jenis kulit, baik kering, berminyak, atau kombinasi.

Jika ingin menghapus jerawat, bisa menggunakan pembersih yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, atau benzoil peroksida.

  1. Cuci muka pada waktu pagi atau malam hari

Terlalu sering mencuci muka dengan produk pembersih wajah bisa membuat kulit menjadi kering. Sebaiknya, Anda bisa mencuci muka pada waktu pagi atau malam hari.

Jika Anda ingin menyegarkan diri di sela-sela pembersihan, dapat mencuci muka dengan menggunakan air mengalir tanpa menggunakan produk pembersih wajah.

  1. Lakukan eksfoliasi wajah

Eksfoliasi wajah termasuk salah satu upaya untuk menjaga kulit wajah pria tetap sehat. Eksfoliasi dilakukan untuk mengangkat sisa-sisa kotoran dan sel-sel kulit mati yang menempel di permukaan kulit.

Dengan melakukan eksfoliasi wajah, kulit akan terlihat lebih cerah, bersih, dan terhindar dari jerawat. Eksfoliasi wajah cukup dilakukan 2-3 kali dalam seminggu. Jika terlalu sering, bisa mengakibatkan iritasi pada kulit.

  1. Gunakan toner dan pelembab

Toner adalah produk perawatan wajah yang ditujukan untuk membersihkan pori-pori kulit, mengembalikan pH kulit, dan menghidrasi kulit setelah mencuci wajah.

Sementara pelembap wajah adalah produk skincareyang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit terasa lembut, kenyal, dan terhidrasi.

Kedua produk perawatan kulit ini bisa menjaga kelembapan kulit sehingga kulit tampak sehat dan kenyal, serta mengurangi risiko penuaan dini.

Demikian ulasan tentang kapan pria harus merawat wajah. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.