Alasan Pentingnya Menjaga Keseimbangan pH pada Kulit Wajah
Ilustrasi (Polinach/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Mempertahankan keseimbangan pH kulit wajah merupakan aspek penting untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik. Skala pH mengukur keasaman atau kebasaan suatu zat dan berkisar dari 0 hingga 14, di mana 7 adalah netral, nilai di bawah 7 bersifat asam, dan nilai di atas 7 bersifat basa. Tingkat pH kulit yang sehat sedikit asam, berkisar dari 4,5 hingga 5,5. 

Menyadur Times of India, Jumat, 16 Mei, Dr. Nivedita Dadu, Dokter Kulit Ternama, Pendiri dan Ketua Dadu Medical Center menjelaskan secara rinci tentang pentingnya menjaga keseimbangan pH pada kulit wajah. 

pH kulit yang seimbang sangat penting dijaga guna menghasilkan skin barrier yang sehat. Skin barrier sehat akan melindungi kulit dari lingkungan polutan, mikroorganisme berbahaya, dan hilangnya kelembaban. Ketidakseimbangan pH dapat mengganggu barrier dan menyebabkan beberapa masalah kulit seperti kulit kering, sensitif, peradangan, dan berjerawat. 

Ketika tingkat pH kulit terlalu tinggi atau terlalu rendah, kulit menjadi lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur atau dapat menyebabkan kondisi kulit seperti jerawat, eksim, dan rosacea.

Agar pH kulit tetap terjaga keseimbangannya, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, yaitu;

Gunakan produk perawatan kulit dengan pH seimbang

Menggunakan produk perawatan kulit dengan pH seimbang dapat membantu menjaga kekenyalan kulit tingkat pH alami. Sangat penting untuk memilih produk yang dirancang khusus untuk jenis kulit Anda. Kulit yang berbeda jenis memiliki tingkat pH yang berbeda, jadi penting untuk memilih produk yang cocok untuk kulit Anda. Menggunakan produk yang terlalu basa, seperti sabun keras, dapat mengganggu keseimbangan pH kulit, menyebabkan kulit kering dan terganggu.

Hindari produk yang keras dan basa

Produk yang keras dan basa dapat mengganggu keseimbangan pH kulit dan menyebabkan

masalah kulit. Penting untuk menghindari penggunaan produk keras seperti scrub, astringen, dan toner yang mengandung kadar alkohol atau asam salisilat yang tinggi. Sebagai gantinya, pilihlah pembersih lembut yang memiliki pH seimbang.

Hindari eksfoliasi berlebihan

Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan pembaharuan sel. Namun, eksfoliasi berlebihan dapat mengganggu keseimbangan pH alami kulit, menyebabkan iritasi dan peradangan. Sebaiknya batasi eksfoliasi terlalu sering, cukup sekali atau dua kali seminggu dan menggunakan exfoliator lembut.

Tetap terhidrasi

Minum banyak air dapat membantu menjaga keseimbangan pH alami kulit. Air membantu menyiram racun dari tubuh, menyebabkan kulit tampak lebih sehat. Kulit yang mengalami dehidrasi bisa terlihat kusam, kering, dan bersisik sehingga penting untuk tetap terhidrasi dengan minum setidaknya 8-10 gelas air setiap hari.

Menjaga keseimbangan pH kulit sangat penting untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik. Dengan menggunakan produk perawatan kulit dengan pH seimbang, menghindari produk yang keras dan basa, membatasi eksfoliasi kulit, menggunakan pembersih wajah yang tepat, dan tetap terhidrasi, dapat menjaga keseimbangan pH alami kulit. Memperhatikan tingkat pH kulit dan membuat perubahan yang diperlukan pada rutinitas perawatan kulit dapat menjaga kulit terlihat terbaik.