5 Cara Menghilangkan <i>Strawberry Legs</i> atau Bintik-Bintik pada Kaki setelah Bercukur
Ilustrasi cara menghilangkan strawberry legs (Freepik/Valuavitaly)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bintik-bintik hitam pada kaki, kerap sekali muncul setelah bercukur. Banyak orang mengalaminya dan mencari-cari cara menghilangkan bintik-bintik yang disebut strawberry legs ini. Kaki stroberi disebabkan pori-pori yang tersumbat dan bisa dicegah atau diobati.

Menurut dokter kulit Matthew Janik, MD. dilansir Cleveland Clinic, Rabu, 5 Oktober, bintik-bintik berwarna gelap ini seperti permukaan stroberi. Anda bisa menghilangkan kaki stroberi ini dengan melakukan beberapa langkah sederhana di rumah.

Strawberry legs dialami ketika pori-pori tersumbat kotoran, sel kulit mati, bakteri, atau minyak. Bintik-bintiknya tidak terasa gatal atau sakit. Tetapi semakin undertone kulit light atau lebih terang, maka semakin terlihat bintik-bintiknya. Cara menghilangkan strawberry legs atau bintik-bintik hitam pada kaki setelah cukur, bisa melakukan langkah berikut.

1. Pakai pisau cukur yang tajam dan krim yang melembapkan

Memakai krim ketika bercukur dapat menjaga kelembapan kulit. Selain itu, memakai alat cukur yang lebih tajam juga mengurangi risiko strawberry legs. Usahakan mencukur searah dengan pertumbuhan rambut untuk mencegah benjolan pisau cukur.

Setelah bercukur, bilas pisau cukur dan pastikan mengganti pisau cukur setelah dipakai setidaknya enam kali. Saran dokter Janik, simpan pisau cukur di tempat yang sejuk dan kering sehingga bakteri tidak dapat tumbuh di atasnya.

cara menghilangkan strawberry legs
Ilustrasi cara menghilangkan strawberry legs (Freepik/Diana.grytsku)

2. Lakukan eksfoliasi dan pakai pelembap secara teratur

Kulit yang halus dan lembut disukai oleh hampir semua orang, tetapi juga menjaga kaki stroberi enggak kering. Untuk membantu mengangkat atau memudarkan bintik-bintik, bisa dengan eksfoliasi menggunakan loofah. Setelah eksfoliasi, pastikan rutin memakai pelembap.

3. Memakai epilator

Epilator adalah perangkat perawatan pribadi untuk menghilangkan rambut sampai akarnya. Ini seperti waxing, tetapi bisa menyebabkan goresan tipis pada kulit. Epilator juga bertindak seperti pinset yang mengangkat bintik-bintiknya. Artinya akan terasa sedikit sakit ketika membersihkan bintik-bintik tersebut.

4. Pertimbangkan hair removal

Menghilangkan rambut pada kaki, bisa dilakukan dengan mencukur serta waxing. Dokter Janik mengatakan ada cara lain untuk hair removal, yaitu dengan elektrolisis dan dengan laser. Elektrolisis menggunakan arus listrik rendah untuk menghilangkan rambut. Teknik ini biasanya tidak memiliki efek samping.

Sedangkan hair removal dengan laser untuk menghilangkan rambut dengan sekitar dua hingga enam sesi. Efek samping mungkin mengalami luka bakar dan perubahan warna kulit. Kedua cara ini tergolong mahal, tetapi bersifat permanen.

5. Terapi medis

Dalam beberapa kasus, dokter kulit merekomendasikan pengelupasan kimia atau obat-obatan untuk mengangkat sel kulit mati. Terapi ini dapat membantu mengobati atau mencegah strawberry legs tanpa risiko iritasi. Terapi ini, dilakukan dengan skincare yang mengandung asam alfa-hidroksi (AHA), asam beta-hidroksi (BHA), asam salisilat, asam glikolat, dan retinoid.

Tetapi kata Janik, produk skincare dengan kandungan di atas sensitif terhadap sinar matahari. Jadi, pastikan menggunakan tabir surya ketika keluar rumah.