5 Cara Mudah Membersihkan Sneaker Berbahan Dasar Kanvas
Ilustrasi (Pixabay/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Anda pasti memiliki setidaknya satu pasang sepatu berbahan kanvas di rak sepatu. Sepatu berbahan kanvas juga lebih santai sehingga memungkinkan dipakai untuk daily, baik di luar maupun dalam ruangan. Banyak orang beralasan memakai sepatu kanvas karena kenyamanannya.

Supaya sepatu kanvas tahan lama, tentu Anda harus merawatnya dengan baik dan benar. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini lima cara merawat sepatu kanvas dengan mudah supaya tahan lama, melansir Byrdie, Senin 1 Agustus.

Bersihkan noda lumpur

Berurusan dengan sepatu kets berlumpur? Tunggu sampai kering sebelum dibersihkan. Anda dapat menghilangkan kotoran yang terlepas dengan memukulkan sepatu kets ke trotoar atau dengan mengetukkan sol sepatu ke tempat sampah atau lantai dengan alas koran. Lap sepatu kets dengan kain lembab untuk menghilangkan sisa kotoran yang menempel, lalu lepaskan talinya.

Gunakan sikat gigi dan kain nilon

Jika Anda mencoba menghilangkan bekas lecet yang terlihat, mulailah dengan membilas sepatu dengan air hangat di bagian dalam dan luar. Kemudian gosok bagian luar, bagian dalam, dan lapisan sepatu kanvas dengan lembut menggunakan sikat gigi dan campuran air dan deterjen ringan. 

Selanjutnya, bilas dengan air dingin. Jika Anda masih melihat bekas yang membandel, Anda dapat menggosoknya dengan lembut menggunakan bantalan nilon sambil dibilas. Dan jika masih tercium bau kaki, Anda bisa menggosoknya dengan pasta soda kue dan air.

Sneakers putih dapat dibersihkan menggunakan air dan pemutih, dengan perbandingan 1:5. Untuk sepatu kets berwarna, pastikan untuk melakukan tes titik kecil terlebih dahulu untuk memastikan tidak memudar atau memutihkan warnanya. Jika sepatu Anda memiliki detail kulit, basahi sepatu dan bersihkan kanvas sesuai petunjuk, lalu gunakan pembersih kulit pada bagian kulit mana pun.

Bersihkan tali dengan mencuci

Tali sepatu yang kotor akan terlihat sangat kontras dengan sepatu kets Anda yang baru dibersihkan. Anda bisa mencuci tali sepatu seperti biasa layaknya mencuci pakaian. Agar makin bersih, Anda bisa merendam tali sepatu di rendaman air deterjen selama 15 menit sebelum dicuci. Jika noda tak kunjung hilang, gunakan sikat gigi untuk membersihkan noda membandel.

Isi dalaman sepatu kets dengan kertas

Setelah selesai mencuci sepatu kets, buang kelebihan airnya. Kemudian, untuk membantu menyerap kelembapan ekstra dan mempertahankan bentuknya, isilah dengan kantong kertas cokelat kusut, handuk kertas, atau kertas putih. Jangan gunakan koran atau kertas berwarna sebab tinta akan berpindah dan menodai sepatu. 

Selanjutnya, sisihkan sepatu kets agar kering di udara, dan pastikan untuk tidak mengeringkannya di dekat perapian atau pemanas. Sumber panas langsung dapat merusak kain kanvas dan menyebabkannya menjadi kering dan rapuh.

Gunakan semir sepatu pada noda membandel

Jika sepatu sudah kering dan Anda masih melihat sedikit noda, coba oleskan cairan semir sepatu khusus berwarna putih. Disarankan untuk menyemprot bagian atas sepatu kanvas baru dengan kain sebelum Anda memakainya. Ttapi pertama-tama, intip petunjuk perawatan yang disertakan dengan sepatu kets untuk memastikan ini tidak merusaknya.