Agar Kulit Wajah <i>Glowing</i>, Perhatikan Waktu dan Cara Penggunaan Retinol dan Vitamin C yang Benar
Ilustrasi (RF Studio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kemunculan kandungan skincare yang beraneka ragam saat ini tentu memunculkan sedikit rasa bingung bagi para pencinta perawatan kulit. Kebingungan ini tentu berkutat sekitar kandungan apa yang berhasil mengatasi masalah kulit, mana yang justru bisa memperburuknya. 

Namun, ada dua kandungan yang tidak akan membuat Anda kecewa, yaitu retinol dan vitamin C. Keduanya merupakan zat yang paling banyak diteliti dan dari hasil penelitian terbukti dapat menekan gejala penuaan dan membuat wajah glowing alami.

Retinol merupakan bahan perawatan wajah yang baik mengatasi jerawat. Karena bekerja pada tingkat sel untuk mempercepat pergantian sel, mengurangi peradangan, dan mengurangi produksi minyak. Ini semua adalah proses penting menjaga pori-pori tetap bersih dan kulit bebas jerawat.

Di sisi lain, vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dan menyembuhkan kerusakan kulit. Vitamin C sangat efektif mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada kulit yang disebabkan oleh agresor lingkungan seperti polusi, radiasi infra merah, dan cahaya biru.

Baik retinol dan vitamin C harus dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda. Di artikel ini, VOI akan membahas beberapa cara penggunaan kedua bahan. Berdasarkan resep dari Aestheticphysician dan ahli perawatan kulit, Dr. Saru Singh untuk meningkatkan kesehatan kulit melansir Times of India, Jumat, 17 Februari.

Aplikasikan skincare retinol dan vitamin C pada waktu yang berbeda 

Retinol disarankan penggunaannya pada malam hari sedangkan vitamin C paling baik digunakan pada pagi hari. Oleskan serum vitamin C pada kulit setelah penggunaan facial wash di pagi hari. Kemudian gunakan pelembab wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan tabir surya dengan SPF - 30 atau lebih tinggi. Jika kulit Anda cenderung lebih kering, Anda bisa mengaplikasikan retinol dengan serum kandungan asam hialuronat atau pelembap di malam hari.

Oleskan setiap bahan pada malam yang berbeda

Masih mungkin untuk menggabungkan vitamin C dan retinol jika Anda lebih suka menggunakan bahan perawatan kulit di malam hari. Meski vitamin C paling efektif di pagi hari, tetap bermanfaat juga di malam hari. Namun, itu tidak disarankan menggunakan keduanya secara bersamaan. Seringkali, gunakan keduanya selang-seling. Misal, vitamin C pada malam ini dan retinol pada malam berikutnya.

Menggunakan tabir surya dan pelembab

Vitamin C dan Retinol adalah salah satu antioksidan terbaik, jadi menggunakan tabir surya secara efektif menggandakan efek perlindungan kulitnya. Terutama, menggunakan keduanya dengan pelembab dan tabir surya membantu melindungi dari radikal bebas dan paparan sinar UV serta menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang hari.