Mitos Seputar Penggunaan Skincare Pria yang Belum Banyak Diketahui
Ilustrasi (Ron Lach/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Perawatan wajah dan kulit tak hanya jadi milik kaum wanita, para pria pun tak boleh luput untuk memperhatikan diri dengan sungguh-sungguh. Masalahnya, banyak pria yang tidak mengerti bagaimana cara yang baik dan benar untuk merawat diri. Tak jarang, pria termakan berbagai mitos. VOI, melansir WebMD, Selasa, 6 Desember mengupas tuntas mitos seputar skincare pria yang perlu diketahui berikut ini.

Pria tak butuh body lotion karena memiliki kulit lebih berminyak dari wanita

Perlu diketahui bahwa area kulit yang berminyak pada pria hanya terletak di wajah, bukan di seluruh tubuh. Jadi, sama halnya dengan wanita tubuh pria pun butuh kelembapan tambahan dari body lotion guna menghindari kering dan bersisik. Gunakan body lotion dengan formula lebih kental untuk melembabkan seluruh tubuh. Sedangkan untuk wajah, cari pelembab dengan label oil free.

Pria cenderung punya lebih banyak blackhead di sekitar hidung dibandingkan wanita

Munculnya blackhead di sekitar hidung tak memandang jenis kulit pria maupun wanita. Hanya saja, kenapa blackhead pada pria terlihat lebih banyak karena pria jarang membersihkannya. Sedangkan wanita akan melakukan segala cara menyingkirkan blackhead termasuk memencetnya. Memencet blackhead bukan ide baik karena dapat meninggalkan bekas luka dan menyebabkan lebih banyak jerawat. Asam salisilat dalam produk sabun wajah, scrub, atau masker dapat menghilangkan minyak dan kulit mati penyebab blackheads.

Produk moisturizer hanya boleh digunakan wanita, bukan pria

Moisturizer dan krim anti-aging dibuat untuk pria dan wanita. Dermatologis mengatakan bahwa kelembapan kulit perlu dijaga setiap orang. Karena pria cenderung memiliki kulit lebih berminyak dari wanita. Maka gel atau serum dengan konsistensi ringan cocok digunakan sehari-hari daripada krim atau losion yang kental. Guna mengatasi kerutan dan garis halus, cari produk anti aging yang mengandung retinol, mulberry, Vitamin C, atau niacinamide.

Siku dan lutut hitam lebih sering dialami pria

Pria cenderung memiliki siku dan lutut lebih hitam atau bersisik daripada wanita. Karena mereka tidak sering menggunakan losion sehingga kulit menjadi kering. Pun dengan wanita, jika tak rajin mengaplikasikan losion, maka siku dan lutut pun akan menghitam.

Pria tak perlu menggunakan sunscreen

Banyak dokter mengatakan bahwa penggunaan sunscreen wajib bagi semua orang. Pasalnya, lima menit paparan sinar matahari dapat menambah kerusakan kulit yang signifikan. Untuk perlindungan sehari-hari dalam ruangan, Anda bisa gunakan moisturizer dengan kandungan SPF bawaan. Sedangkan jika aktivitas harian Anda cenderung di luar ruangan, gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan aplikasikan ulang setiap dua jam.

Produk shaving yang tepat bisa melembutkan jenggot 

Jika Anda memiliki jenggot yang sangat kasar, hal yang akan membuat jenggot tampak lebih lembut saat disentuh adalah dengan membiarkannya tumbuh panjang. Rambut pendek, seperti jenggot, tidak sefleksibel rambut panjang, sehingga terasa lebih kasar saat disentuh.