7 Hal yang Perlu Diketahui Wanita tentang Fibroid Rahim
Ilustrasi. (Oksana Taran/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Fibroid rahim adalah pertumbuhan yang sangat umum terjadi di rahim wanita. Jika Anda seorang wanita berusia lebih dari 20 tahun, suatu saat Anda akan mengalami fibroid. 

Fibroid rahim adalah tumor, tetapi paling sering tumor jinak dan bukan merupakan pertumbuhan kanker. Kebanyakan tidak menimbulkan gejala, meski bisa menjadi masalah bagi sebagian wanita. 

Melansir CNN, berikut 7 hal yang perlu diketahui seputar Fibroid Rahim.

1. Ukuran dan lokasi bervariasi

Rahim adalah organ otot, dan fibroid adalah tumor otot. Fibroid dapat tumbuh di dalam rahim, di dalam dinding otot rahim, atau di luar rahim. Terkadang, mereka tumbuh dari tangkai tipis yang menempel di rahim. Anda bisa memiliki satu atau banyak fibroid. Fibroid bisa berukuran sekecil kelereng atau sebesar jeruk bali.

2. Risiko bervariasi

Fibroid dapat terjadi pada semua usia. Mereka biasanya berkembang pada wanita berusia 30 hingga 40 tahun. Diperkirakan pada usia 50 tahun, hingga 80% wanita pernah menderita fibroid. Setelah menopause, fibroid cenderung menyusut. 

ilustrasi
Ilustrasi. (National Cancer Institute/Unsplash)

Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena fibroid jika Anda orang Afrika-Amerika, kelebihan berat badan, atau makan lebih banyak daging daripada sayuran. Fibroid juga diturunkan dalam keluarga, artinya Anda memiliki risiko fibroid yang jauh lebih besar jika ibu Anda menderita fibroid.

3. Gejala berbeda

Kebanyakan wanita dengan fibroid tidak memiliki gejala. Gejala yang muncul dapat berupa perdarahan hebat selama menstruasi, perdarahan antar menstruasi, atau menstruasi yang menyakitkan. Gejala lain yang mungkin termasuk rasa sakit saat berhubungan seks, sembelit, dan kesulitan buang air kecil. Fibroid yang besar dapat menyebabkan kram perut. Fibroid juga bisa membuat Anda terlihat hamil.

4. Ragam cara diagnosis

Dokter Anda mungkin bisa merasakan fibroid selama pemeriksaan panggul. Jika Anda memiliki fibroid besar atau gejala fibroid, dokter Anda mungkin memesan tes untuk mempelajari lebih lanjut. Histeroskopi adalah salah satu prosedur. Ini memungkinkan dokter Anda untuk melihat ke dalam rahim Anda melalui vagina Anda. Fibroid juga muncul pada studi pencitraan seperti ultrasonografi, sinar-X, MRI, dan CT scan.

5. Masalah kehamilan

Banyak wanita hamil meskipun mengalami fibroid, mampu melakukan persalinan normal. Namun jika Anda menderita Fibroid, dokter akan memberikan perhatian ekstra untuk memastikan kesehatan dan keselamatan Anda serta janin. 

ilustrasi
Ilustrasi. (Suhyeon Choi/Unsplash)

Sebab Fibroid dapat membuat Anda memerlukan operasi caesar, melahirkan sungsang, atau melahirkan prematur. Fibroid juga dapat mempersulit Anda untuk hamil. Tidak bisa hamil adalah salah satu alasan untuk mengobati fibroid.

6. Pengobatan lini pertama

Jika Anda tidak memiliki gejala, Anda mungkin tidak memerlukan perawatan apa pun. Jika Anda memiliki gejala yang mengganggu, pengobatan mungkin menjadi pilihan pertama Anda. Pil KB dapat mengontrol menstruasi yang menyakitkan dan berat. 

Obat hormon yang disebut agonis hormon pelepas gonadotropin (GnRHa), dapat menghentikan menstruasi dan mengecilkan fibroid. Caranya dengan suntikan atau semprotan hidung. Alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) adalah pilihan pengobatan lain.

7. Operasi menyembuhkan

Beberapa wanita memiliki gejala fibroid yang mengganggu atau parah yang tidak membaik dengan pengobatan. Pengangkatan rahim (histerektomi) adalah satu-satunya operasi yang dapat menyembuhkan fibroid sepenuhnya. 

Prosedur lain menargetkan fibroid yang ada. Mereka tidak mencegah yang baru berkembang. Prosedur ini termasuk menjalani operasi untuk mengangkat fibroid, membekukannya, menghancurkannya dengan arus listrik, dan memutus suplai darah. Wanita yang masih ingin memiliki anak dapat memilih salah satu dari prosedur ini daripada histerektomi.