Kenali Bahaya Tidur dengan Sisa <i>Makeup</i> di Wajah
Ilustrasi Orang Tidur (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagian wanita pasti pernah mengalami situasi bekerja sampai lembur, keluar rumah larut malam, atau menonton serial favorit. Setelahnya, Anda pun tertidur dengan kondisi riasan masih menempel di wajah.

Laman The Healthy melaporkan, seorang dokter kulit menjelaskan bahwa memakai riasan saat tidur tidak berbahaya, tetapi dapat merusak kulit dan kesehatan mata Anda. Hal pertama dan sering terlihat setelah tertidur dengan memakai riasan adalah timbulnya jerawat, iritasi kulit, dan penuaan dini.

Samer Jaber, MD, seorang asisten profesor klinis di Rumah Sakit Mt. Sinai dan dokter kulit bersertifikat di Washington Square Dermatology, New York City, mengatakan bahwa tidur dengan sisa riasan yang belum dibersihkan dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah.

"Tidur dengan riasan sangat buruk karena pori-pori Anda akan tersumbat. Secara signifikan dapat meningkatkan jerawat, kulit kering, dan iritasi," kata Jaber.

Tidur merupakan waktu bagi kulit untuk pulih dari berbagai stres di siang hari. Kulit juga menggunakan waktu tidur untuk melepaskan dan meregenerasi selnya.

Dengan tidur menggunakan riasan, Anda menghalangi proses pengelupasan dan regenerasi alami kulit.

Terlebih lagi, riasan sebenarnya melekat pada radikal bebas di lingkungan (seringkali dari polusi). Radikal bebas diketahui memecah kolagen, yang seiring waktu menghasilkan garis-garis halus dan penuaan dini.

Maka, dengan tidak membersihkan riasan dapat memberi peluang lebih besar untuk merusak kulit Anda. Selain merusak kulit, tidur dengan riasan juga dapat merusak area paling sensitif di wajah yaitu mata.

Tertidur dengan masih menggunakan riasan mata membuat Anda berisiko mengalami radang mata, infeksi, kelopak mata kemerahan, dan lecet kornea. Kondisi tersebut bisa juga berasal dari partikel riasan yang bergesekan dengan permukaan mata Anda.

Riasan mata seperti maskara, eyeliner, dan eyeshadow perlu dibersihkan sebelum tidur karena area mata sangat halus, sehingga bisa saja Anda akan bangun dengan risiko bintitan, bahkan lebih buruk.

Dr. Jaber dengan tegas menganjurkan agar para wanita membersihkan wajahnya di malam hari sebelum tidur. Ini akan membantu memastikan semua riasan telah terhapus dari kulit.

"Cara mencuci dan membersihkan wajah tergantung pada masing-masing jenis kulit. Untuk mereka yang memiliki kulit lebih berminyak, sabun dan tisu berbusa mungkin lebih efektif," katanya. 

"Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, pembersih lembut yang tidak berbusa mungkin lebih baik."