Bagikan:

YOGYAKARTA - Pasangan yang merencanakan program kehamilan sebaiknya mengenali seperti apa tanda wanita subur. Ciri-ciri wanita subur bisa diketahui dari kondisi organ reproduksi hingga bentuk fisiknya. Tingkat kesuburan setiap wanita bisa berbeda-beda yang mempengaruhi peluang kehamilan. 

Wanita yang subur umumnya memiliki peluang kehamilan yang lebih tinggi, sehingga bisa lebih cepat dalam merencakanan program hamil. Selain hubungan seksual secara rutin, pasangan juga harus tahu waktu yang tepat untuk having sex agar potensi kehamilan lebih besar. 

Pasangan bisa memprediksi waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual. Masa subur wanita umumnya terjadi saat siklus menstruasi sudah selesai. Namun masa subur setiap wanita juga bisa berbeda-beda. Lantas seperti apa ciri-ciri wanita subur secara fisik dan tanda lainnya?

Ciri-Ciri Wanita Subur Secara Fisik?

Ada beberapa tanda fisik yang diyakini menunjukkan seorang wanita punya kesuburan yang baik. Berikut ini ciri-ciri wanita subur yang bisa dikenali dari tampilan atau bentuk fisiknya:

Memiliki Tipe Badan Jam Pasir

Wanita dengan tubuh berbentuk jam pasir sering kali dianggap subur berdasarkan ciri fisiknya. Ciri-ciri yang dimaksud seperti bentuk payudara yang besar, pinggang yang kecil, dan pinggul yang lebar.

Wanita dengan payudara besar, pinggang kecil, dan pinggul lebar cenderung memiliki kadar estrogen yang 30% lebih tinggi. Estrogen adalah hormon yang berperan dalam mengatur siklus menstruasi dan perkembangan janin di dalam rahim.

Mempunyai Berat Badan Ideal

Ciri fisik lain dari wanita subur adalah memiliki berat badan ideal. Meski demikian, wanita yang kurus masih bisa memiliki berat badan ideal. Namun berat badan yang tidak ideal dapat meningkatkan risiko masalah kesuburan.

Wanita yang terlalu kurus atau memiliki BMI di bawah 18.5 mungkin mengalami ketidakseimbangan hormon yang bisa mengganggu ovulasi dan menyebabkan menstruasi berhenti. Mempertahankan berat badan ideal adalah salah satu cara untuk menjaga kesuburan dan kesehatan secara umum.

Tanda-Tanda Wanita Subur dan Gampang Hamil

Tingkat kesuburan wanita bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Biasanya kondisi kesuburan ini ditentukan oleh riwayat medis masing-masing wanita dan usianya. Selain hal itu, berikut ini beberapa tanda wanita yang subur dan gampang hamil:

Siklus Menstruasi yang Normal

Wanita dengan siklus menstruasi yang normal dan teratur memiliki peluang kesuburan yang lebih tinggi. Siklus yang teratur, berkisar antara 21-35 hari, menunjukkan bahwa ovulasi berlangsung normal setiap bulan. 

Sementara siklus yang tidak teratur umumnya datang lebih cepat dari 21 hari atau lebih lama dari 38 hari. Selain itu, siklus tidak normal ini juga selalu berubah setiap bulan. Keadaan ini bisa menjadi indikasi adanya masalah pada organ reproduksi wanitanya.

Keluar Keputihan

Banyak orang merasa malu dengan keputihan dan berusaha menghentikannya. Padahal keputihan bisa menjadi tanda bahwa seorang wanita subur dan mudah hamil. Keputihan normal berwarna putih jernih, bening, tidak berbau, dan lengket. Keputihan juga bisa menjadi indikator kesuburan dan tampilannya bisa berubah menjelang dan selama ovulasi.

Masa Ovulasi Mudah Diprediksi

Siklus menstruasi yang gampang diprediksi memudahkan perkiraan masa ovulasi. Ovulasi umumnya terjadi 12-14 hari setelah hari pertama haid terakhir. Dengan masa ovulasi yang dapat diperkirakan, peluang untuk hamil akan meningkat.

Tidak Memiliki Fibroid dalam Rahim

Nyeri panggul atau nyeri haid hebat dapat disebabkan oleh aliran darah yang berat dan berkepanjangan. Gejala ini bisa menjadi tanda adanya fibroid. Fibroid adalah tumor jinak di rahim yang dapat menghambat kehamilan.

Fibroid yang tumbuh di dalam rahim dapat menghalangi embrio untuk menempel dan berkembang di dinding rahim. Banyak wanita tidak menyadari bahwa mereka memiliki fibroid. Jadi sangat dianjurkan bagi wanita untuk melakukan pemeriksaan rutin, terutama bagi pasangan yang merencanakan kehamilan.

Tidak Memiliki Endemetriosis

Mirip dengan fibroid, endometriosis juga bisa menyebabkan kesulitan hamil. Pertumbuhan jaringan rahim yang tidak normal dapat menyebabkan jaringan parut, sehingga sel telur sulit dilepas atau dibuahi.

Berat Badan Ideal

Keberhasilan program hamil dapat dipengaruhi oleh berat badan ideal. Meskipun demikian, bukan berarti orang dengan berat badan berlebih atau kurang tidak bisa hamil. Berat badan yang seimbang dapat membantu menjaga keseimbangan hormon, sehingga meningkatkan peluang kehamilan.

Demikianlah ciri-ciri wanita subur secara fisik yang penting diketahui. Setiap wanita memiliki tingkat kesuburan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor riwayat medis dan usia juga memberikan pengaruh besar pada kondisi kesuburan wanita. Baca juga perbedaan flek hamil dan flek haid

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.