Operasi Kanker Bocah 10 Tahun Sukses dengan Bantuan Terapi Musik
Operasi (JAFAR AHMED/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah operasi pengangkatan tumor di bagian sumsum tulang belakang terhadap seorang anak laki-laki berusia 10 tahun dilakukan di Riuniti Hospital di daerah Ancona, pusat kota Italia. 

Melansir Reuters, Kamis, 19 November, dokter Roberto Trignani melakukan operasi selama empat jam. Uniknya, di ruang operasi tepatnya di samping dokter, Emiliano Toso yang memainkan musik klasik dengan pianonya.

Bukan untuk gaya-gayaan atau buat kebutuhan eksis di media sosial. Menurut Toso, musik yang diputar menimbulkan respons dari pasien. Pasalnya, musik yang mengalun memberikan efek terapeutik untuk tubuh. 

“Kami mencoba untuk menghentikan dan kemudian menghidupkan kembali musik, memperhatikan respons pasien, meskipun dalam kenyataan bahwa ia berada di bawah pengaruh bius total, otak merasakan musik dengan sangat menyenangkan,” kata Toso.

Dokter menyatakan operasi berjalan lancar karena ada suasana magis dari harmoni permainan piano.

Mengutip Classicfm, mendengarkan musik klasik saat operasi bisa meningkatkan performa dokter hingga 11 persen. Mozart effect, begitu sebutannya, bisa mengurangi stres dan membuat dokter bedah menjadi fokus begitu juga rasa khawatir pasien yang menurun.