Pengadilan Ungkap Daftar <i>Trainee</i> yang Dicurangi di Kompetisi Produce
Empat acara Produce (Mnet)

Bagikan:

JAKARTA - Pengadilan banding untuk kasus manipulasi pemungutan suara Produce 101 digelar hari ini, Rabu, 18 November. Dalam agendanya, pengadilan mengumumkan siapa saja peserta Produce 101 yang menjadi korban manipulasi ini.

“Para trainee yang dirugikan diungkapkan melalui pengadilan menjadi titik awal bagi mereka untuk menerima kompensasi,” dilansir dari IlganSports pada hari yang sama.

Trainee yang diuntungkan dari kasus ini tidak akan diungkap karena mereka tidak terlibat dalam manipulasi dan hal ini dapat membahayakan mereka.

Sementara itu, trainee Kim Su Hyun dan Seo Hye Lin adalah dua nama dari musim pertama Produce 101 kemudian ada Seong Hyun Woo (debut dalam LIMITLESS) di musim kedua Produce 101.

Baekho NU’EST atau Kang Dong Ho juga menjadi korban di ronde kedua Produce 101 musim kedua. Saat itu, penggemar juga mencurigai mengapa Baekho atau Kang Dong Ho tidak lolos ke tahap selanjutnya meski penampilan dan jumlah dukungannya dinilai besar.

Pada kompetisi Produce 48 ada Lee Ga Eun dan Han Cho Won di ronde keempat pemungutan suara. Sebenarnya, kedua nama ini masuk ke grup pemenang Produce 48 yaitu IZ*ONE.

Anzardi Timothee juga dicurangi pada ronde pertama pemungutan suara Produce X 101. Dilanjutkan dengan Kim Kook Heon (sekarang debut dengan duo B.O.Y) dan Lee Jin Woo (GHOST9).

Di putaran ke empat, ada Koo Jung Mo (debut dengan CRAVITY), Lee Jin Hyuk (UP10TION) dan Keum Dong Hyun.

Ranking sebenarnya Produce X 101 adalah Koo Jung Mo di urutan keenam, Lee Jin Hyuk urutan ke tujuh, Keum Dong Hyun di urutan ke delapan. Ketiga anggota ini seharusnya lolos ke grup pemenang Produce X 101 yaitu X1.

Diketahui produser Ahn Joon Young divonis dua tahun penjara dengan denda sedangkan Kim Yong Bum divonis satu tahun delapan bulan penjara.

Menilik sedikit, kasus kecurangan pemungutan suara di ajang Produce dikonfirmasi oleh Ahn Joo Young. Produser ini diketahui memiliki perjanjian dengan beberapa agensi untuk meloloskan trainee yang berkompetisi.

Ahn Joo Young diduga menerima pelayanan hiburan malam lebih dari 40 kali dan uang lebih dari 100 juta won.