Gugudan Bubar Per 31 Desember 2020
Gugudan (Instagram @gu9udan)

Bagikan:

JAKARTA - Grup K-pop naungan Jellyfish Entertainment, Gugudan akan bubar per tanggal 31 Desember besok.

Hari ini, Jellyfish membagikan pernyataan resmi yang menyebutkan berakhirnya grup Gugudan.

“Grup Gugudan yang banyak dicintai sejak debut akan mengakhiri aktivitas grup pada 31 Desember. Agensi dan para anggota sepakat untuk bubar setelah melakukan diskusi yang panjang.”

Melalui pernyataan tersebut, Jellyfish akan mendukung kelanjutan karier setiap anggota Gugudan baik di dunia akting maupun musik.

“Kami ingin berterima kasih sekali lagi kepada penggemar atas dukungannya dan kami meminta maaf karena pengumuman ini. Tolong berikan banyak cinta kepada anggota yang memulai karier baru,” tutup perwakilan agensi Jellyfish.

Gugudan adalah grup K-pop wanita dari Jellyfish yang debut pada tahun 2016. Beberapa trainee mereka, Nayoung, Sejeong, dan Mina mengikuti kompetisi Produce 101 dan meraih atensi besar.

Gugudan terdiri dari Mimi, Hana, Haebin, Nayoung, Sejeong, Sally, Soyee, Mina, Hyeyeon. Memulai karier dengan lagu Wonderland dari album Act. 1 The Little Mermaid, mereka selalu menampilkan konsep berbeda dan unik dari grup pada umumnya.

Tahun 2017, Jellyfish mendirikan subunit Gugudan 5959 yang terdiri dari Mina dan Hyeyeon. Tetapi karena Hyeyeon sudah keluar, grup menjadi tidak aktif. Kemudian di bulan Juni 2018, subunit baru dihadirkan kembali, Gugudan SeMiNa yaitu Sejeong, Mina, dan Nayoung di mana ketiganya merilis dua trek, salah satunya bernama SeMiNa.

Gugudan melanjutkan promosi Act dengan melepas Narcissus dan Chococo Factory. Di tengah promosi, Hyeyeon keluar dari grup pada Oktober 2018. Kemudian mereka merilis album Act. 5 New Action dengan single Not That Type pada 2019.

Lama tidak muncul ke hadapan publik, Sally terlihat mengikuti kompetisi Produce 101 versi China, Produce Camp 2020 di bulan April. Ia menempati peringkat enam dan masuk ke grup pemenang BonBon Girls 303.

Di antara seluruh anggota, hanya Mina dan Sejeong yang aktif berpromosi. Mina bermain peran dalam Dokgo Rewind, Children of the 20th Century, Tale of Fairy, Hotel Del Luna, dan Summer Guys. Mina juga menjadi presenter untuk acara musik MBC Music Core.

Sejeong juga menjajal musik sebagai solois dan dunia akting. Ia debut dengan Plant dan lagu Whale serta mengisi beberapa soundtrack drama Korea. Saat ini, namanya melambung tinggi karena drama Korea The Uncanny Counter di mana Sejeong berperan sebagai Do Ha Na.