Street Food, Inspirasi Menu Berbuka Puasa
Makanan yang dibuat khusus untuk buka puasa di salah satu hotel di Jakarta/ Foto: Ivan Two Putra/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Chef Rofik Maulana memiliki pengalaman panjang di dunia kuliner. Sudah bertahun-tahun ia menjadi kepala chef di berbagai hotel mewah. Tidak hanya itu, ia juga sudah berkeliling dunia untuk mempelajari banyak menu.

Untuk menyambut puasa Ramadan tahun ini, Rofik sebagai Executive Chef di salah satu hotel tenama di Jakarta Grand Sahid Jaya memiliki ide menarik untuk menyajikan kudapan jalanan dengan cita rasa mewah untuk menu berbuka puasa.

Chef Rofik mengaku bahwa ide untuk menyajikan berbagai makanan jalanan berawal dari kesukaannya mencicipi makanan yang dijual di pinggir jalan.

“Sengaja saya buat street food, karena dengan hobi saya makan dan jalan-jalan, saya mau angkat menu-menu jalanan ke hotel bintang lima,” ungkap Chef Rofik Maulana di Jakarta Pusat, Selasa, 21 Maret.

Dengan pengalamannya belajar banyak menu makanan dari berbagai negara berbeda, Rofik memilih untuk memadukan makanan dari tiga kebudayaan berbeda, yaitu makanan khas Indonesia, peranakan dan Cantonese.

Ia mengambil inspirasi menu-menu yang dihadirkan berdasarkan kenangan selama bepergian di bulan Ramadan, dimana banyak sekali tempat-tempat yang menjual makanan-makanan sederhana namun tetap kaya rasa.

Dari puluhan menu berbuka yang ada, 80 persen dari keseluruhannya merupakan makanan khas Indonesia. Bukan tanpa alasan, selain kuliner Indonesia punya cita rasa yang khas, banyak penikmat dari menu-menu buatannya menyukai kudapan khas Indonesia.

Ketika ditanya mengenai menu yang menjadi rekomendasinya, Rofik menyebut tiga menu dari kebudayaan berbeda dari puluhan menu yang telah ia persiapkan.

“Yang pertama itu Shawarma, saya terinspirasi ketika belajar di Dubai. Kemudian ada Yong Tau Foo yang saya pelajari di Singapura. Dan terakhir, yang paling spesial, kita sajikan kerang kiloan,” kata Chef Rofik.

Rofik menjelaskan bahwa kerang kiloan yang biasanya disajikan sebagai kudapan jalanan, telah ia persiapkan untuk dinikmati dengan cita rasa yang mewah.

Berbagai menu yang disajikan oleh Chef Rofik Maulana tersebut bisa dinikmati saat berbuka puasa sepanjang bulan Ramadan tahun ini.